Gambaran Tingkat Pengetahuan Polisi Lalu Lintas tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Semaran

Rahmah, Festi Fiki Niswatu and Setiawan, Doddy (2017) Gambaran Tingkat Pengetahuan Polisi Lalu Lintas tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Semaran. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

6Mb

Abstract

Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan bagian dari pengelolaan gawat darurat medik yang bertujuan untuk mencegah berhentinya sirkulasi atau berhentinya respirasi. Polisi lalu lintas merupakan salah satu orang yang harus menguasai keterampilan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas sehingga perlu dilatih keterampilan dalam menangani kasus gawat darurat sebelum korban tersebut ditangani oleh petugas kesehatan yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan polisi lalu lintas tentang bantuan hidup dasar pada korban kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Responden dalam penelitian ini adalah 110 polisi lalu lintas yang berada di unit laka dan unit patroli Satlantas Polrestabes Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden yaitu 62,7% memiliki pengetahuan dalam kategori baik dan pada bagian breathing memiliki pengetahuan paling baik dengan total persentase 93,6%. Peneliti menyarankan agar tim kepolisian dapat bekerja sama dengan instansi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan BHD dengan cara mengadakan pelatihan BHD untuk seluruh anggota polisi lalu lintas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:58588
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:22 Dec 2017 14:47
Last Modified:22 Dec 2017 14:47

Repository Staff Only: item control page