Hubungan Implementasi Interprofessional Education (IPE) Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pada Anak Usia Sekolah Di Puskesmas Rowosari

Permana, Dinar Kurniadi and Yatuni, Fatikhu (2017) Hubungan Implementasi Interprofessional Education (IPE) Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pada Anak Usia Sekolah Di Puskesmas Rowosari. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

8Mb

Abstract

Cuci tangan belum menjadi budaya yang sering dilakukan masyarakat luas di Indonesia. Interprofessional Education merupakan salah satu metode pembelajaran kolaboratif yang membuat pelayanan kesehatan berfokus pada pasien sehingga kualitas pelayanan kesehatan meningkat, menyenangkan, dan dapat maksimal dalam penyampaian. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan implementasi interprofessional education (IPE) terhadap perilaku cuci tangan pada anak usia sekolah di puskesmas rowosari. Desain penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Responden dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah dan mendapatkan pendampingan Interprofessional Education. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa 76% implementasi baik, sementara 90% cuci tangan baik. Hasil penelitian juga menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara implementasi dengan perilaku cuci tangan (p value: 0,009). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi saran pelaksanaan Implementasi IPE selanjutnya di FK Undip.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:58586
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Dec 2017 14:25
Last Modified:22 Dec 2017 14:25

Repository Staff Only: item control page