Perbuatan melawan hukum akibat kurang hati-hatinya pelayan dalam menyajikan minuman di Khayangan Restaurant : Studi kasus Putusan PN Nomor 474/Pdt.G/2011/PN.JKT.PST

Hajar, Siti and Busro, Achmad and Suradi, Suradi (2017) Perbuatan melawan hukum akibat kurang hati-hatinya pelayan dalam menyajikan minuman di Khayangan Restaurant : Studi kasus Putusan PN Nomor 474/Pdt.G/2011/PN.JKT.PST. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
Restricted to Registered users only until 01 December 2020.

116Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only until 2020.

81Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only until 2023.

50Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only until 2020.

116Kb

Abstract

Di dalam Pasal 1365 Kitab Undang-undang Hukum Perdata dijelaskan “tiap-tiap perbuatan yang melanggar hukum, yang membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, menggantikan kerugian tersebut”. Salah satu bentuk perbuatan melawan hukum adalah kurang hati-hatinya pelayan dalam menyajikan minuman di Khayangan Restaurant. Untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder yaitu dengan mempelajari peraturan perundang-undangan, buku teks, jurnal hukum serta pendapat para sarjana. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perbuatan melawan hukum dalam menyajikan minuman terjadi disebabkan kurang hati-hatinya pelayan. Ini mengakibatkan korban dirawat di rumah sakit. Awalnya penyelesaian dilakukan melalui mediasi dengan cara melibatkan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen namun tidak membuahkan mufakat. Kemudian kasus ini berlanjut di Pengadilan. Penulisan ini menggunakan metode pendeketan YuridisNormatif, yaitu dengan mengkaji atau menganalisis data sekunder yang berupa bahan-bahan hukum sekunder dengan memahami hukum sebagai perangkat peraturan atau norma-norma positif di dalam sistem perundang-undangan yang mengatur mengenai permasalahan dalam penelitian ini. Jadi penelitian ini dipahami sebagai penelitian kepustakaan, yaitu penelitian terhadap data sekunder.Dari hasil penelitian yang ditemukan oleh penulis, ada yang menarik di sini yaitu pihak korban memberikan gugatan kepada PT. Wisma Nusantara yang bukan pengelola restoran melainkan hanya pemilik tempat yang menyewakan saja. Kata Kunci: Perbuatan Melawan Hukum, Pelayan, Konsumen.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:58584
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Dec 2017 15:16
Last Modified:22 Dec 2017 15:16

Repository Staff Only: item control page