HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DAN GURU DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI “X”

Putri , Karina Aria and Sawitri , Dian Ratna (2017) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DAN GURU DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI “X”. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
380Kb

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan fenomena yang banyak dilakukan oleh siswa di sekolah. Komunikasi yang kurang efektif antara siswa dengan guru dapat menjadi salah satu penyebab meningkatnya prokrastinasi akademik pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal siswa dan guru dengan prokrastinasi akademik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA Negeri “X” sebanyak 678 siswa. Sampel penelitian sebanyak 233 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data diambil menggunakan Skala Efektivitas Komunikasi Interpersonal dengan jumlah item 35 (α= 0,916) dan Skala Prokrastinasi Akademik dengan jumlah item 41 (α= 0,908). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara efektivitas komunikasi interpersonal dan prokrastinasi akademik rxy= -0,490 (p<0,001). Artinya, semakin tinggi efektivitas komunikasi interpersonal antara siswa dengan guru, semakin rendah prokrastinasi akademik. Efektivitas komunikasi interpersonal memiliki sumbangan efektif sebesar 24% terhadap prokrastinasi akademik dan 76% lainnya ditentukan oleh variabel-variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:58479
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jan 2018 15:57
Last Modified:30 Jan 2018 15:57

Repository Staff Only: item control page