PENGARUH SIKAP BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA PERANCIS PADA MAHASISWA S1 DEPARTEMEN PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS FPBS UPI

Wiwid Nofa, Suciaty (2017) PENGARUH SIKAP BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA PERANCIS PADA MAHASISWA S1 DEPARTEMEN PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS FPBS UPI. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
3723Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Setiap pembelajar bahasa memiliki sikap positif dan negatif terhadap bahasa yang dipelajarinya yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa yang mereka capai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memerikan sikap bahasa mahasiswa terhadap bahasa Perancis dan kompetensi berbahasa Perancis yang dicapai, (2) mengungkapkan bentuk hubungan antara sikap bahasa dengan kemampuan berbahasa Perancis mahasiswa, dan (3) menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi sikap bahasa pada mahasiswa tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket dan wawancara yang dilakukan terhadap 58 responden. Penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Data kuantitatif diolah menggunakan program perangkat lunak PASW dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana untuk mengetahui bentuk hubungan antara kompetensi berbahasa Perancis dengan pengaruh sikap bahasa, yang kemudian dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data statistik tersebut dengan berpijak pada teori sikap bahasa yang dikemukakan oleh Garvin-Mathiot (1977) dan Baker (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 72,75% mahasiswa memiliki sikap positif terhadap bahasa Perancis, dan hasil analisis yang didapat yaitu sikap bahasa yang positif dapat mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam menguasai bahasa Perancis.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Advisor: Dr. M. Suryadi, M.Hum.
Uncontrolled Keywords:sikap bahasa, kemampuan berbahasa Perancis, pembelajar bahasa Perancis, korelasi
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:58458
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jan 2018 18:41
Last Modified:12 Feb 2018 10:44

Repository Staff Only: item control page