HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI, PROTEIN, BESI, VITAMIN C DAN SUPLEMEN TABLET BESI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL TRIMESTER II DAN III (DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWANEGARA 2 KABUPATEN BANJARNEGARA)

YULIATI, HENY (2017) HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI, PROTEIN, BESI, VITAMIN C DAN SUPLEMEN TABLET BESI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL TRIMESTER II DAN III (DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWANEGARA 2 KABUPATEN BANJARNEGARA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Masalah Tingkat kecukupan energi, protein, besi, vitamin c pada ibu hamil dipengaruhi oleh asupan bahan makanan sehari-hari yang dapat berakibat pada kurangnya pemenuhan gizi yang tidak cukup selama proses kehamilan berlangsung sehingga mengakibatkan kurangnya kadar hemoglobin. Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif dengan desain studi cross sectional . Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu hamil Trimester II dan III di Wilayah Kerja Puskesmas Purwanegara 2 Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 51 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Uji korelasi yang digunakan adalah uji korelasi Spearman untuk data yang tidak normal dan Pearson untuk data yang normal. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar ibu hamil berumur antara 18 sampai 30 tahun sebanyak (56,9%) ibu hamil yang memiliki pendidikan SD sebanyak (37,3%) rata-rata pekerjaan ibu hamil sebagai ibu rumah sebanyak (88,2%), ibu hamil yang memiliki indeks massa tubuh baik sebanyak (43,1%) yang memiliki tingkat kecukupan energi kurang sebanyak (76,5%) yang memiliki tingkat kecukupan protein kurang sebanyak (82,4%) yang memiliki tingkat kecukupan besi kurang sebanyak (54,9%) yang memiliki tingkat kecukupan vitamin C kurang sebanyak 70,6% dan asupan suplemen tablet fe lebih dari 30 butir sebanyak (52,9%). Variabel yang memiliki hubungan yang bermakna dengan kadar hemoglobin adalah variabel tingkat kecukupan energi (p value 0,000), tingkat kecukupan protein (p value 0,005), tingkat kecukupan besi (p value 0,000) tingkat kecukupan vitamin c (p value 0,030) asupan suplemen tablet besi (p Value 0,005). Perlu adanya program pemantauan konsumsi secara berkala khususnya bagi ibu hamil, kerjasama lintas sectoral sehingga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin ibu. Kata Kunci: Ibu hamil, Kadar hemoglobin, Tingkat kecukupan gizi, Tablet besi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:58449
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Dec 2017 14:22
Last Modified:18 Dec 2017 14:22

Repository Staff Only: item control page