ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAPA STATUS GIZI BALITA SUKU ANAK DALAM (SAD)(STUDI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMATANG KABAU KECAMATAN AIR HITAM KABUPATEN SAROLANGUN JAMBI)

FITRI, REZA KARTIKA (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAPA STATUS GIZI BALITA SUKU ANAK DALAM (SAD)(STUDI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMATANG KABAU KECAMATAN AIR HITAM KABUPATEN SAROLANGUN JAMBI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Masalah gizi kurang merupakan masalah yang sangat penting dan menjadi perhatian kerena dampaknya secara langsung terhadapa gangguan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan terhadap status gizi balita suku anak dalam (SAD) di Wilayah Kerja Puskesmas Pematang Kabau Kabupaten Sarolangun Sarolangun Jambi. Penelitian ini merupakan penlitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu balita SAD di Wilayah Kerja Puskesmas Pematang Kabau Kabupaten Sarolangun yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Uji korelasi yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar balita SAD berstatus gizi baik sebanyak (70%). sebagian besar ibu berpengetahuan baik (57,5%), Balita yang memiliki tabu, telur, dan hewan ternak (37,5%), rata-rat memiliki jumlah anggota keluarga besar (92,5%), Yang memiliki kecukupan nergi cukup (72,5%),yang memiliki kecukupan protein cukup (65,0%) yang memiliki penyakit infeksi (60%). variabel yang memiliki hubungan yang bermakna dengan status gizi balita SAD adalah variabel pengetahuan (p velue 0,005), Tabu makanan (p value 0,001), variabell asupan nergi (p value 0,007). Tidak memilki hubungan adalah jumlah anggota keluarga (p value 0,149). Perlu adanya program pemantauan status gizi secara berkala khusus nya bagi balita SAD yang ststus gizi nya sudah baik tetap dipertahankan , serta mellibatkan ibu balita SAD untuk dijadikan kader posyandu sehingga dapat memberikan pengetahuan bagi ibu balita SAD lain nya Kata Kunci: Status Gizi, Balita, Suku Anak Dalam , Jambi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:58448
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:18 Dec 2017 14:12
Last Modified:18 Dec 2017 14:12

Repository Staff Only: item control page