HUBUNGAN ASUPAN NATRIUM, KALSIUM DAN MAGNESIUM DENGAN TEKANAN DARAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER II DAN III (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BULU KABUPATEN TEMANGGUNG)

FEBRIANA, ELLA (2017) HUBUNGAN ASUPAN NATRIUM, KALSIUM DAN MAGNESIUM DENGAN TEKANAN DARAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER II DAN III (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BULU KABUPATEN TEMANGGUNG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Tekanan darah adalah gaya atau dorongan darah ke dinding arteri saat darah dipompa keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Faktor asupan zat gizi berpengaruh terhadap tekanan darah ibu hamil. Ada beberapa zat gizi mikro yang memiliki hubungan dengan tekanan darah seperti natrium, kalsium dan magnesium. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan asupan natrium, kalsium dan magnesium dengan tekanan darah pada ibu hamil trimester II dan III di Puskesmas Bulu, Temanggung, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester II dan III. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan formulir FFQ-Semi Quantitative dan sphygmomanometer digital. Data dianalisis dengan menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan natrium, kalsium dan magnesium responden tergolong kurang. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan seluruh asupan dengan tekanan darah pada ibu hamil di Puskesmas Bulu. Penelitian ini merekomendasikan ibu hamil untuk meningkatkan asupan gizi sehingga kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh dan janin dapat terpenuhi, perlunya dukungan suami dan keluarga memperhatikan asupan gizi ibu hamil, peran petugas kesehatan untuk lebih meningkatkan kegiatan penyuluhan terkait gizi seimbang pada ibu hamil Kata Kunci: Natrium, Kalsium, Magnesium, Tekanan Darah, Ibu Hamil

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:58445
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Dec 2017 13:56
Last Modified:18 Dec 2017 13:56

Repository Staff Only: item control page