HUBUNGAN ANTARA KONGRUENSI KARIR REMAJA-ORANGTUA DAN ACADEMIC HARDINESS PADA MAHASISWA DEPARTEMEN ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Pinilih, Erdidhah Putri and Sawitri, Dian Ratna (2017) HUBUNGAN ANTARA KONGRUENSI KARIR REMAJA-ORANGTUA DAN ACADEMIC HARDINESS PADA MAHASISWA DEPARTEMEN ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
128Kb

Abstract

Academic hardiness merupakan karakteristik kepribadian yang mampu mengolah keadaan yang menekan dalam menghadapi aktivitas akademik. Keselarasan individu dengan lingkungannya, dalam hal ini kongruensi karir dengan orangtua diharapkan dapat mengarahkan pada tercapainya outcome yang lebih baik, salah satunya dalam pengelolaan stres dalam bidang akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara kongruensi karir remaja-orangtua dengan academic hardiness pada mahasiswa Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama, kedua, dan ketiga Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang berjumlah 351 mahasiswa dan sampel sejumlah 177 mahasiswa dengan rata-rata usia 18-21 tahun, yang diperoleh dengan cluster random sampling. Analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,433 dengan p = 0,000 (p < 0,001). Artinya, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kongruensi karir remaja-orangtua dengan academic hardiness pada mahasiswa. Sumbangan efektif kongruensi karir remaja-orangtua terhadap academic hardiness sebesar 18,8%. Artinya, terdapat faktor lain sebesar 81,2% yang mempengaruhi academic hardiness. Uji one-way anova menunjukkan bahwa mahasiswa tahun pertama memiliki skor rata-rata academic hardiness tertinggi, diikuti mahasiswa tahun ketiga, dan mahasiswa tahun kedua. Kata kunci: kongruensi karir remaja-orangtua, academic hardiness, mahasiswa, keperawatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:58420
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jan 2018 15:49
Last Modified:30 Jan 2018 15:49

Repository Staff Only: item control page