PERBEDAAN KECUKUPAN BESI,ENHANCER FACTORS (PROTEIN, VITAMIN C) DAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA SEBELUM DAN SETELAH SUPLEMENTASI BESI SELAMA 1 BULAN (STUDI PADA SISWI KELAS XI SMA MTA SURAKARTA TAHUN 2017)

PARYANTI, IKA (2017) PERBEDAAN KECUKUPAN BESI,ENHANCER FACTORS (PROTEIN, VITAMIN C) DAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA SEBELUM DAN SETELAH SUPLEMENTASI BESI SELAMA 1 BULAN (STUDI PADA SISWI KELAS XI SMA MTA SURAKARTA TAHUN 2017). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
48Kb

Abstract

Anemia remaja putri dikarenakan kecukupan besi kurang, peningkatan kebutuhan besi dan menstruasi. Pemberian suplemen besi untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaankecukupan besi, enhancer factors(kecukupan protein & vitamin C) dan kadar hemoglobin sebelum dan setelah suplementasi besi selama 1 bulan. Metode penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan one group pretest-post test. Intervensi berupa suplementasi besi dengan jenis, jumlah dan dosis yang sama. Pengukuran sebelum dan setelah suplementasi dengan pengukuran sewaktu. Populasi penelitian yaitu Siswi Kelas XI yang tinggal di asrama SMA MTA Surakarta sebanyak 46 siswi. Jumlah sampel sebanyak 32 siswi dengan teknik quota sampling(pengambilan sampel secara kuota). Analisis data menggunakan uji Wilcoxon signed rank test dan uji Paired sample t test.Hasil penelitian diperoleh rerata kecukupan besi sebelum suplementasi sebesar 43,6% dan setelah suplementasi menjadi 23,6%; rerata kecukupan protein sebelum 104,6% dan setelah 101,4% dan rerata kecukupan vitamin C sebelum 42,3% dan setelah 34,7%. Reratakadar hemoglobin sebelum 11,29 g/dL dan setelah 11,07 g/dL. Uji Wilcoxon signed rank test pada kecukupan besi antara sebelum dan setelah suplementasi diperoleh nilai p=0,597; kecukupan protein p =0,340 (p>0,05) dan kecukupan vitamin C p=0,043 (p<0,05). Uji Paired sample t test pada kadar hemoglobin p=0,253 (p>0,05).Kesimpulannya yaitu tidak ada perbedaan kecukupan besi, kecukupan protein dan kadar hemoglobin sebelum dan setelah suplementasi besi pada siswi. Ada perbedaan kecukupan vitamin C sebelum dan setelah suplementasi besi pada siswi. Saran bagi penelitian selanjutnya agar melakukan cara pengukuran yang valid (pengukuran setelah menstruasi/keadaan hormon yang stabil) dan jangka waktu penelitian lebih dari 1 bulan Kata Kunci: suplementasi besi, kecukupan besi, kadar hemoglobin, anemia, siswi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:58406
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Dec 2017 15:18
Last Modified:15 Dec 2017 15:18

Repository Staff Only: item control page