PEMEROLEHAN KOMPETENSI PRAGMATIK BAGI ANAK BERBAHASA IBU BAHASA INGGRIS (Sebuah Kajian Psikopragmatik Studi Kasus Pada Anak Video Blogger Usia 2-4 Tahun)

Asih, Mutiara Karna (2017) PEMEROLEHAN KOMPETENSI PRAGMATIK BAGI ANAK BERBAHASA IBU BAHASA INGGRIS (Sebuah Kajian Psikopragmatik Studi Kasus Pada Anak Video Blogger Usia 2-4 Tahun). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1786Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

INTISARI Kajian psikopragmatik ini fokus pada pemerolehan bahasa anak khususnya kompetensi pragmatik. Penelitian ini merupakan studi kasus pada Julianna, anak seorang video blogger dari Amerika Serikat yang diteliti pada saat usianya 2 sampai 4 tahun. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pemerolehan kompetensi pragmatik yang sudah dikuasai anak dalam kurun waktu 2 tahun dan faktor yang mempengaruhi pemerolehannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari transkripsi percakapan dalam 25 video milik video blogger dengan nama akun @ItsJudysLife dari laman YouTube. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan teknik transkripsi dan dianalisis menggunakan teori kompetensi pragmatik oleh Eve V. Clark (2004). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan kompetensi pragmatik anak yang sudah dikuasai pada usia 2 sampai dengan 4 tahun, yakni Fokus Bersama (Joint Attention), Pengetahuan Bersama (Common Ground), Konvensi dan Kontras (Convention and Contrast), Tindak Tutur (Speech Acts), Maksud Penutur (Speaker’s Intention), Sasaran Bicara (Taking Account to the Addressee), Mengambil Giliran Bicara (Taking Turns), dan Ekspresi Kesantunan (Politeness Expression). Terdapat dua faktor yang mempengaruhi pemerolehan kompetensi pragmatik yaitu faktor yang membantu pemerolehan kompetensi pragmatik secara signifikan dan faktor yang membantu secara tidak signifikan. Faktor yang pertama atau faktor yang membantu secara signifikan adalah terdapatnya masukan dari orang dewasa terutama orang tua. Hal tersebut cenderung didukung oleh teori behaviorisme yang mempunyai implikasi bahwa kemampuan anak tidak muncul dengan sendirinya melainkan anak membutuhkan contoh yang baik, pengalaman, dan masukan secara terus menerus dari lingkungan sosial dimana anak hidup sehari-hari. Kemudian, faktor yang membantu pemerolehan kompetensi pragmatik secara tidak signifikan adalah usia. Berdasarkan penelitian, hal tersebut dikarenakan munculnya kompetensi pragmatik tidak selalu sesuai urutan usia pada teori kompetensi pragmatik. Kata Kunci: Psikopragmatik, Pemerolehan Bahasa Anak, Kompetensi pragmatik, Video Blog. ABSTRACT This is a psychopragmatic study that focuses on children's language acquisition, especially pragmatic competence. The data were obtained from a child who was born from a video blogger named Julianna starting from the age 2 to 4 years old. She is living in The United States. The purpose of this study are describing how the pragmatic competence acquisition in 2 to 4 year old children and the factors that influence the acquisition. This study used descriptive qualitative method. Data were obtained from the transcription of the conversations which were taken from 25 video from @ItsJudysLife on YouTube. Data were collected using observation method with transcription technique and analyzed using Eve V. Clark theory about pragmatic competencies. The results show that there are eight child pragmatic competencies that have been mastered at the age of 2 to 4 year old, namely Joint Attention, Common Ground, Convention and Contrast, Speech Acts, Speaker's Intention, Taking Account to the Addressee, Taking Turns, and Politeness. There are two factors which influence children’s pragmatic competencies. Firstly, factor that significantly helps the acquisition is the input from adults. It tends to be supported by behaviorism theory with the implication that the child's ability does not appear by itself but she needs a good example, experience, and continuous input from the social environment where she lives daily. Secondly, the factor which helps the acquisition but not in significant way is child’s age. It happens because child’s pragmatic competencies do not appear orderly based on the child’s age. Key Words: Psychopragmatics, Children’s Language Acquisition, Pragmatics Competence, Video Blog.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Dr. Deli Nirmala, M.Hum
Uncontrolled Keywords:Psikopragmatik, Pemerolehan Bahasa Anak, Kompetensi pragmatik, Video Blog Psychopragmatics, Children’s Language Acquisition, Pragmatics Competence, Video Blog
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:58402
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Dec 2017 15:38
Last Modified:28 Dec 2017 15:38

Repository Staff Only: item control page