PENERAPAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ASING BAGI ANAK DWI KEWARGANEGARAAN: ABILASH ANAK USIA 10 TAHUN

Sulistyo, Chendy AP (2017) PENERAPAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ASING BAGI ANAK DWI KEWARGANEGARAAN: ABILASH ANAK USIA 10 TAHUN. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
3911Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

INTISARI Penerapan metode pembelajaran bahasa asing adalah untuk mengetahui proses dan tahapan pembelajaran pada anak. Metode pembelajaran bahasa asing yang digunakan oleh peneliti adalah metode membaca dan metode dengar-lihat. Peneliti berasumsi bahwa dengan menggunakan kedua metode tersebut, peneliti dapat mengetahui sejauh mana proses dan tahapan pembelajaran yang dilalui oleh anak dengan dwi kewarganegaraan. Kasus yang ditemukan oleh peneliti yaitu seorang anak berusia 10 tahun dengan dwi kewarganegaraan yang mempelajari bahasa Prancis sebagai bahasa ketiga. Penelitian ini kemudian fokus menjawab 1) tahapan pembelajaran bahasa ketiga apa saja yang dilalui anak usia 10 tahun, 2) pada tahapan yang mana setiap metode itu tepat digunakan, dan 3) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan itu. Data penelitian ini dioalah dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori behaviorisme Skinner, metode pembelajaran konvensional membaca dan audio visual. Peneliti menemukan bahwa kedua metode tersebut saling melengkapi dalam pembelajaran bahasa ketiga bagi anak dwi kewarganegaraan. Kata Kunci : pembelajaran bahasa asing, metode konvensional membaca, metode audio visual, anak dwi kewarganegaraan. ABSTRACT The use of foreign language learning method is to know the process and the learning step for children. The foreign language learning methods used by the researcher are the reading method and the audiovisual method. The researcher assume that by using those methods, we get to know how far is the learning process and which learning step goes through by the children, especially for dual citizenship children. As in the case that the researcher founded which is a dual citizenship 10 years old studying French as his third language. The study then focuses on 1) what third language learning’s steps for a ten years old boy goes through, 2) at which stage each method is properly used, and 3) what factors influence the success. The data of this research is processed quantitatively and qualitatively. This research uses Skinner’s behaviorism theory, conventional reading and audio visual learning methods. The researcher found that the two methods complement each other in the third language learning for dual citizenship. Keywords: foreign language learning, conventional reading method, audio visual method, dual citizenship.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Advisor: Dr. Deli Nirmala, M.Hum.
Uncontrolled Keywords:pembelajaran bahasa asing, metode konvensional membaca, metode audio visual, anak dwi kewarganegaraan. foreign language learning, conventional reading method, audio visual method, dual citizenship.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:58400
Deposited By:Mahasiswa Magister Linguistik
Deposited On:03 Jan 2018 18:52
Last Modified:03 Jan 2018 18:52

Repository Staff Only: item control page