Hubungan Perilaku Ibu dalam Pemberian ASI dan MP-ASI dengan Pertumbuhan Badutas Usia 6-24 Bulan (Studi di Kelurahan Kestalan Kota Surakarta)

ATIKAH, ATIKAH (2017) Hubungan Perilaku Ibu dalam Pemberian ASI dan MP-ASI dengan Pertumbuhan Badutas Usia 6-24 Bulan (Studi di Kelurahan Kestalan Kota Surakarta). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan secara kuantitatif. Pertumbuhan baduta yang diukur dengan satuan berat dan panjang serta mencapai tingkat pertumbuhan yang optimal merupakan salah satu tujuan untuk mencapai kelangsungan hidup balita. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan baduta adalah perilaku ibu terutama dalam pemberian ASI dan MP-ASI. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan perilaku ibu dalam pemberian ASI dan MP-ASI dengan pertumbuhan baduta usia 6-24 bulan di Kelurahan Kestalan Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan rancangan cross-sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki baduta usia 6-24 bulan pada bulan Januari – Mei2017 sejumlah 41 orang dan sampel penelitian yang dipilih secara total sampling sejumlah 41 orang. Analisis data menggunakan deskriptif dan analitik dengan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan persentase terbesar pada pengetahuan ibu kategori tinggi dalam pemberian ASI (78,0%) dan MP-ASI (78,0%), persentase terbesar padasikap ibu kategori baikdalam pemberian ASI (82,9%) dan MP-ASI (78,0%) dan persentase terbesar pada praktik ibu kategori baik dalam pemberian ASI (80,5%) dan MP-ASI (78,0%). Ada hubungan perilaku ibu dalam pemberian ASI dan MP-ASI dengan pertumbuhan baduta usia 6-24 bulan dengan pengetahuan (p=0,001), sikap (p=0,001) dan praktik (p=0,001). Disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan sikap dan praktik ibu dalam pemberian ASI dan MP-ASI dengan pertumbuhan baduta usia 6-24 bulan. Disarankan agar petugas puskesmas intensif dan memberikan inovasi baru pada saat penyuluhan terkait ASI dan MP-ASI kepada ibu baduta. Kata Kunci: Pertumbuhan baduta, perilaku ibu dalam pemberian ASI dan MP-ASI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:58379
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:14 Dec 2017 15:30
Last Modified:14 Dec 2017 15:30

Repository Staff Only: item control page