Penentuan Kondisi Optimum Proses Pulping dan Bleaching dari Ampas Tebu dengan Proses Soda Menggunakan Natrium Hidroksida (NaOH) Dengan Alat Digester (Determination of Optimum Conditions Pulping and Bleaching Process of Sugarcane Waste with Soda Process Using Sodium Hydroxide ( NaOH ) by Using a Digester )

WAHONO, TRI (2017) Penentuan Kondisi Optimum Proses Pulping dan Bleaching dari Ampas Tebu dengan Proses Soda Menggunakan Natrium Hidroksida (NaOH) Dengan Alat Digester (Determination of Optimum Conditions Pulping and Bleaching Process of Sugarcane Waste with Soda Process Using Sodium Hydroxide ( NaOH ) by Using a Digester ). Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
282Kb
[img]
Preview
PDF (ABSTRAK) - Published Version
122Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
145Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
378Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
117Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV) - Published Version
191Kb
[img]
Preview
PDF (BAB V) - Published Version
490Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

323Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
188Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
138Kb

Abstract

Digester merupakan suatu bejana tempat proses pemasakan atau reaksi delignifikasi dari serpihan kayu berlangsung. Dengan penambahan larutan pemasak kimia, panas, dan tekanan maka lignin akan larut dan serpihan kayu diubah menjadi pulp. Pada perancangan alat digester ini mempunyai dimensi yang meliputi : diameter tangki : 35 cm, tinggi tangki : 50 cm, tebal plate : 0,12 cm, diameter Impeler : 23,07 cm, kecepatan pengaduk : 2800 rpm dan kapasitas 20 Liter. Proses pembuatan pulp dapat menggunakan bahan baku non kayu, salah satunya yaitu Ampas Tebu (bagasse) yang merupakan limbah dari proses pembuatan gula. Kandungan Ampas Tebu sendiri terdiri dari selulosa 37,65%, pentosa 27,97% dan lignin 22,09%. Pulping ini bertujuan untuk mendapatkan serat sebanyak mungkin yang diindikasikan dengan nilai rendemen yang tinggi dengan kandungan lignin seminimal mungkin. Tujuan dari percobaan ini yaitu untuk mengetahui kondisi optimum alat digester dalam proses pembuatan pulp dari Ampas Tebu (bagasse). Tahapan proses pulping dari Ampas Tebu yaitu: (1) Ampas Tebu dikeringkan dan dipotong-potong, (2) pemasakan dalam digester, (3) pulp disaring, dan (4) Pulp dianalisa. Kondisi optimum proses pembuatan pulp dari Ampas Tebu dihasilkan dari variabel kedua dengan suhu 90oC dan waktu pemasakan 90 menit. Hasil analisa yang diperoleh yaitu kadar air 9 %, kadar abu 20,5 %, kadal alfa selulosa 51 %, dan persentase rendemen 41,6 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:58354
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Dec 2017 14:21
Last Modified:14 Dec 2017 09:40

Repository Staff Only: item control page