Pemanfaatan Limbah Pelepah Pisang dan Serabut Kelapa sebagai Bahan Baku Pulp dan Kertas dengan Proses Soda menggunakan Natrium Hidroksida dengan Alat Digester

Widjanarko, Bagaskara Denny (2016) Pemanfaatan Limbah Pelepah Pisang dan Serabut Kelapa sebagai Bahan Baku Pulp dan Kertas dengan Proses Soda menggunakan Natrium Hidroksida dengan Alat Digester. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
246Kb
[img]
Preview
PDF (RINGKASAN) - Published Version
220Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
185Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
374Kb
[img]
Preview
PDF ( BAB III) - Published Version
163Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV) - Published Version
135Kb
[img]
Preview
PDF (BAB V) - Published Version
337Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

424Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
180Kb

Abstract

Bahan baku yang digunakan pada uji kinerja digester dalam pembuatan pulp adalah pelepah pisang dan serabut kelapa yang merupakan bahan baku alternative karena memiliki kadar  selulosa yang cukup tinggi. Pisang merupakan tumbuhan berbuah yang tersebar luas di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya ilmu pengetahuan maka banyak yang bisa dimanfaatkan dari bagian yang kurang dimanfaatkan seperti batang atau pelepah pisang yang dapat diolah sebagai bahan baku pembuatan kertas. Serat serabut kelapa merupakan serat kasar. Industri – industri yang menggunakan bahan baku serat ini tersebar luas di negara-negara penghasil kelapa. Pemanfaatan lain serabut kelapa saat ini yaitu sebagai bahan baku alternative pada pembuatan pulp. Pulp merupakan hasil pemisahan serat dari bahan baku berserat melalui berbagai proses pembuatannya (mekanis, semi kimia, kimia). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa semakin tinggi kadar  selulosa maka kadar air semakin rendah. Pada penelitian ini di dapat kadar  selulosa terendah pada percobaan 2 yaitu 30 % dan kadar air 83 % dengan kondisi operasi T= 130oC dan t= 120 menit. Kats Kunci : Digester, Pelepah Pisang, Proses Soda, Pulp, Serabut Kelapa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:58223
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Dec 2017 12:45
Last Modified:04 Dec 2017 13:13

Repository Staff Only: item control page