HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PADA AIR TRAFFIC CONTROLLER DI PERUM LPPNPI AIRNAV INDONESIA CABANG MADYA SURABAYA

puspitasari, meitty and Kustanti, Erin Ratna (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PADA AIR TRAFFIC CONTROLLER DI PERUM LPPNPI AIRNAV INDONESIA CABANG MADYA SURABAYA. Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF
183Kb

Abstract

Persepsi Beban Kerja diartikan sebagai penilaian secara kognitif dan afektif mengenai kegiatan atau tuntutan tugas yang membutuhkan aktivitas mental, aktifitas fisik dan waktu, sedangkan stress kerja adalah suatu tekanan akibat adanya ketidakseimbangan atau ketidaksesuaian antara beban kerja yang diterima dengan kemampuan individu, sehingga mengakibatkan adanya gangguan pada kondisi emosi, fisik dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi beban kerja dengan stress kerja pada Air Traffic Controller. Populasi pada penelitian ini adalah Air Traffic Controller di Perum LPPNPI AirNav Indonesia Cabang Madya Surabaya. Sampel penelitian berjumlah 76 orang dengan teknik pengambilan sample purposive sampling. Pengambilan data menggunakan Skala Persepsi Beban Kerja (14 aitem, α = 0,926) dan Skala Stres Kerja (23 aitem, α = 0,959). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara persepsi beban kerja dengan stress kerja (r = 0,893; p>0,001). Semakin negatif persepsi beban kerja, maka semakin tinggi stress kerja, dan sebaliknya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:58220
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Dec 2017 12:46
Last Modified:04 Dec 2017 12:46

Repository Staff Only: item control page