Energi Metabolis dan Kecernaan Protein Ransum yang Mengandung Tepung Kulit Singkong Terfermentasi pada Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica) Jantan

NA’IMAH, Siti Nur and SARENGAT, Warsono and SUKAMTO, Bambang (2017) Energi Metabolis dan Kecernaan Protein Ransum yang Mengandung Tepung Kulit Singkong Terfermentasi pada Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica) Jantan. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
245Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]
Preview
PDF
195Kb
[img]
Preview
PDF
166Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

155Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

381Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

838Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan tepung kulit singkong terfermentasi dalam ransum terhadap energi metabolis dan kecernaan protein pada burung puyuh jantan. Manfaat penelitian adalah dapat memberikan pengaruh positif terhadap performa burung puyuh jantan yang ditinjau dari energi metabolis dan tingkat kecernaan proteinnya. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2016 sampai dengan 31 Agustus di Kandang Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang. Materi yang digunakan adalah burung puyuh jantan umur 2 minggu sebanyak 200 ekor dengan bobot badan rata-rata sebelum perlakuan 30,03 ± 3,36 gram (CV = 12,31%) diperoleh dari Pembibitan Colomadu Boyolali. Bahan penyusun ransum yang digunakan yaitu jagung, bungkil kedelai, bekatul, tepung ikan, tepung kulit singkong fermentasi dan poultry meat meal (PMM) dengan kandungan protein ransum 20% dan energi metabolis 2800 kkal/kg. Perlakuan teridiri dari T0 (ransum tanpa penggunaan tepung kulit singkong fermentasi), T1 (ransum dengan penggunaan tepung kulit singkong fermentasi 5%), T2 (ransum dengan penggunaan tepung kulit singkong fermentasi 10%), T3 (ransum dengan penggunaan tepung kulit singkong fermentasi 15%). Data diuji dengan analisis ragam berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL) dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan tidak berpengaruh nyata pada energi metabolis dan kecernaan protein ransum yang mengandung tepung kulit singkong terfermentasi pada puyuh jantan. Simpulan dari penelitian adalah penggunaan tepung kulit singkong terfermentasi dalam ransum sampai level 15 % menghasilkan nilai energi metabolis dan kecernaan protein yang sama pada burung puyuh jantan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:58127
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Nov 2017 09:08
Last Modified:28 Nov 2017 09:08

Repository Staff Only: item control page