HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN EFIKASI DIRI MENGHAFAL ALQURAN PADA SANTRI HAFIDZ DI PONDOK PESANTREN MODERN ALQURAN DAN RAUDLOTUL HUFFADZ

Faza, Wilda and Kustanti, Erin Ratna (2017) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN EFIKASI DIRI MENGHAFAL ALQURAN PADA SANTRI HAFIDZ DI PONDOK PESANTREN MODERN ALQURAN DAN RAUDLOTUL HUFFADZ. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
384Kb

Abstract

Efikasi diri menghafal Alquran merupakan keyakinan diri individu terhadap kemampuannya dalam mencapai tujuan sehingga mampu mengatasi kendala. Menghafal Alquran dalam bahasa Arab disebut dengan hafidz. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan efikasi diri menghafal Alquran pada santri hafidz di Pondok Pesantren Modern Alquran dan Raudlotul Huffadz. Populasi penelitian ini adalah santri hafidz di Pondok Pesantren Modern Alquran dan Raudlotul Huffadz, dengan subjek penelitian berjumlah 110 santri yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi model likert yang terdiri dari dua skala, yaitu Skala Dukungan Sosial Orangtua (59 aitem, α = 0,932) dan Skala Efikasi Diri (31 aitem, α = 0,878). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan efikasi diri menghafal Alquran pada santri hafidz di Pondok Pesantren Modern Alquran dan Raudlotul Huffadz dengan koefisien korelasi 0,323 dengan p = 0,000 (p<0,05). Nilai koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif, artinya semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi efikasi diri menghafal Alquran. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,104, artinya dukungan sosial orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 10,4 % pada efikasi diri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:58099
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jan 2018 14:22
Last Modified:30 Jan 2018 14:22

Repository Staff Only: item control page