HUBUNGAN ANTARA WORK-LIFE BALANCE DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA SOPIR TAKSI PT. EXPRESS TRANSINDO UTAMA TBK DI JAKARTA

Cintantya, Danastri and Nurtjahjanti, Harlina (2017) HUBUNGAN ANTARA WORK-LIFE BALANCE DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA SOPIR TAKSI PT. EXPRESS TRANSINDO UTAMA TBK DI JAKARTA. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
336Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Work-Life Balane (WLB) dengan Subjective Well-Being (SWB) pada sopir taksi PT. Express Transindo Utama Tbk di Jakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sopir taksi yang bekerja di Jakarta dengan rentang umur 20 – 40 Tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Uji coba dilakukan pada 75 subjek dan penelitian dilakukan pada 100 subjek. Metode pengambilan data dilakukan menggunakan skala SWB sejumlah 28 aitem dengan nilai α = 0,901 dan skala WLB sejumlah 29 aitem dengan nilai α = 0,891. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara WLB dengan SWB pada sopir taksi PT. Express Transindo Utama Tbk di Jakarta dengan nilai r_xy= 0,564 dan p = 0,000 (p<0,05). WLB memberikan sumbangan efektif sebesar 31,8% terhadap SWB. Sopir taksi PT. Express Transindo Utama Tbk di Jakarta memiliki mayoritas WLB dan SWB pada kategori sangat rendah sebesar 65% dan 66% dan sisanya berada pada kategori rendah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:58097
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:30 Jan 2018 13:18
Last Modified:30 Jan 2018 13:18

Repository Staff Only: item control page