PENGABDIAN YANG TAK BERBATAS: Interpretative Phenomenological Analysis tentang Pengalaman Guru Honorer yang Mengajar di Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang

Rutmana, Hardiyanti and Masykur , Achmad Mujab (2017) PENGABDIAN YANG TAK BERBATAS: Interpretative Phenomenological Analysis tentang Pengalaman Guru Honorer yang Mengajar di Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
146Kb
[img]
Preview
PDF
97Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengalaman guru honorer yang mengajar di sekolah luar biasa (SLB). Penelitian ini melibatkan empat guru honorer perempuan berusia 41-45 tahun yang mempunyai pengalaman mengajar 8-12 tahun dengan anak didik tunanetra, tunarungu, tunagrahita, atau tunadaksa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) digunakan untuk memahami pengalaman subjek melalui kehidupan pribadinya. Pada penelitian ini, wawancara semi terstruktur digunakan sebagai metode pengumpul data. Terdapat tiga tema induk yang ditemukan: (1) perjalanan awal menjadi guru SLB (2) gambaran pekerjaan sebagai guru SLB (3) penghayatan mengenai profesi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat subjek mampu mensyukuri profesinya sebagai guru honorer SLB, tantangan dalam bekerja tidak menjadikan kondisi mereka terpuruk saat bekerja. Mereka memandang guru adalah pekerjaan yang sudah ditakdirkan Tuhan, sehingga keempat subjek mampu untuk mensyukuri profesinya. Adanya pengalaman berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) sebelum menjadi guru, lingkungan kerja yang suportif, dukungan keluarga, sikap positif masyarakat dan kepuasan dalam bekerja membantu keempat subjek untuk tetap setia dengan profesinya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:58081
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jan 2018 09:34
Last Modified:25 Jan 2018 09:34

Repository Staff Only: item control page