STUDI DESKRIPTIF TENTANG MANAJEMEN QUALITY ASSURANCE PADA PELAYANAN LABORATORIUM DI INSTALASI PATOLOGI KLINIK RUMAH SAKIT PUSAT DR. KARIADI SEMARANG

HASMARA, BAYU (2000) STUDI DESKRIPTIF TENTANG MANAJEMEN QUALITY ASSURANCE PADA PELAYANAN LABORATORIUM DI INSTALASI PATOLOGI KLINIK RUMAH SAKIT PUSAT DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
26Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Seiring dengan kemajaun teknologi serta meningkatnya pengetahuan masyarakat tentangkes, akan mendorong tuntunan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan termasuk pelayanan kesehatan di rumah sakit, baik Rumah Sakit pemerintah maupun swasta. Masyarakat sekarang tidak percaya adanya sikap paternalistic pada profesi kesehatan dalam memberiakn pelayanan. Karena sikap ini masyarakat sebagai pengguna pelayan kesehatan berada dalam kondisi yang lemah. Untuk mengetahui penerapan Quality Assurance (QA) pada proses pelayanan laboratorium di Instansi Laboratoium Patologi Klinik khususnya pemeriksaan kimia Klinik sehinga akan mudah dalam meningkatkan mutu pelayanan laboratorium dimasa yang akan dating. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengambilan subjek secara purposive. Hasil penelitian: proses pelayanan Laboratorium Patologi Klinik terbagai dalam tiga tahap yaitu: tahap preanalisa, analisa dan pascaanalisa. Tahap preanalisa pelaksanaan kegiatan di ruang perawatan, untuk tahap analisa dan pascanalisa dilakukan di Instalasi Laboratorium Patologi Klinik. Penerapan Quality Assurance pada tahap preanalisa belum dilaksanakan. Petugas dalam melakukan kegiatan belum menggunakan pedoman pelayana yang bakau. Penerapan QA pada tahap analisa dan pasca analisa belumoptimal dilaksanakan, hal ini ditandai belum konsistensinya pelaksanaan kebijakan dalam menggunakan pedoman prosedur yang telah ditetapkan. Penerapan QA pada proses pelayanan Laboratorium di Instansi Laboratorium Patologi Klinik Rumah Sakit Umum Dr Kariadi pada tahap preanalisa belum dilaksanakan. Pada tahap analisa dan pascanalisa pelaksankaannya belum maksimal. Untuk mengurangi masalah yang timbul dalam proses pelayanan diperlukan pembuatan pedoman prosedur pelayanan yang baku serta sosialisasi pelaksanaanya kepada petugas yang bersangkutan di masing-masing tahap kegiatan. Kata Kunci: QUALITY ASSURANCE, LABORATORIUM KIMIA KLINIK, SPESIMEN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:5807
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jan 2010 10:52
Last Modified:27 Jan 2010 10:52

Repository Staff Only: item control page