HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL SIGNIFICANT OTHERS DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA RANTAU ANGGOTA HIMPUNAN–HIMPUNAN DAERAH SUMATERA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Dwiandini, Roro Putri and Indriana, Yeniar (2017) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL SIGNIFICANT OTHERS DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA RANTAU ANGGOTA HIMPUNAN–HIMPUNAN DAERAH SUMATERA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas diponegoro.

[img]
Preview
PDF
101Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial significant others dengan prestasi akademik mahasiswa. Populasi dalam penelitian berjumlah 138 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang mahasiswa anggota himpunan IKAMALA (Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa Lampung), IKAMMI (Ikatan Mahasiswa Minang), IMSU (Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara), dan IMJ (Ikatan Mahasiswa Jambi). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala, yaitu skala dukungan sosial significant others (29 item, α = .929) dan IPK semester terakhir. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial significant others dengan prestasi akademik dengan rxy = .402 dan p = .002 (p < .05). Maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Dukungan sosial significant others memberikan sumbangan efektif sebesar 16,1% terhadap prestasi akademik. Uji beda dengan analisis one way anova menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara dukungan sosial orangtua, dukungan sosial siblings, dan dukungan sosial teman dengan p= .022 (p < .05). Nilai mean dukungan sosial orangtua 164.11, dukungan sosial siblings dengan mean 160.27, dan dukungan sosial teman dengan mean 153.22. Kata kunci : dukungan sosial significant others, prestasi akademik, mahasiswa rantau.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:58057
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jan 2018 15:46
Last Modified:16 Jan 2018 15:46

Repository Staff Only: item control page