PERPANJANGAN HAK GUNA BANGUNAN BERSAMA ATAS HAK MILIK SATUAN RUMAH SUSUN (Studi Pada Perum Perumnas Klender Jakarta Timur) TESIS

Adhi Slamet Riyadi, SH., Adhi . (2016) PERPANJANGAN HAK GUNA BANGUNAN BERSAMA ATAS HAK MILIK SATUAN RUMAH SUSUN (Studi Pada Perum Perumnas Klender Jakarta Timur) TESIS. Masters thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

INTISARI PERPANJANGAN HAK GUNA BANGUNAN BERSAMA ATAS HAK MILIK SATUAN RUMAH SUSUN (Studi Pada Perum Perumnas Klender Jakarta Timur) Pada saat hak guna bangunan diatas hak pengelolaan berakhir, pemegang HGB menginginkan HGB diperpanjang, namun pemegang HGB ingin menghentikkannya. Mengetahui Hambatan dalam proses perpanjangan HGB diatas HPL, perlindungan hukum bagi pemegang HGB, tanggung jawab Perum Perumnas sebagai pemegang HPL di Rumah Susun Klender Jakarta Timur. Sifat penelitian yuridis normatif, data primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian lapangan dan study pustaka dengan alat pengumpul data wawancara pada BPN Kantor Pertanahan Kotamadya Jakarta Timur, Perum Perumnas Regional III Klender Jakarta Timur, Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Sarusun Klender Jakarta Timur. Berdasarkan analisis kualitatif diketahui hambatan perpanjangan HGB adalah disebabkan sertifikat asli HGB Induk dinyatakan hilang saat terjadi kebakaran, perbedaan pendapat antara Perum Perumnas dan para pemilik dan penghuni sarusun terkait dengan nama yang tercantum dalam sertifikat Perum Perumnas menghendaki sertifikat atas nama Perum Perumnas dan Pengurus Pemilik dan Penghuni Sarusun Klender ; Perlindungan hukum bagi Pemilik dan Penghuni Sarusun Klender Jakarta Timur adalah setiap pemilik dan penghuni sarusun Klender Jakarta Timur berhak mendapatkan kepastian tentang kepemilikkan rumah susunnya termasuk didalamnya fasos/fasum dan juga bangunan gedung bertingkat; Tanggung jawab Perum Perumnas sebagai pemegang HPL yang timbul dalam perpanjangan HGB adalah menerbitkan rekomendasi perpanjangan HGB Sarusun Klender sesuai dengan perjanjian pada saat penerbitan HGB Rusun Klender; Saran kepada Pemegang HPL untuk memberikan perpanjangan HGB kepada pemilik dan penghuni satuan rumah susun Klender. Kepada pemegang HGB perpanjangan untuk membayar biaya pemanfaatan HGB perpanjangan kepada pemegang HPL dan membayar pajak HPL kepada Negara.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perpanjangan Hak Guna Bangunan Bersama Satuan Rumah Susun.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:58050
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:15 Nov 2017 15:54
Last Modified:15 Nov 2017 15:54

Repository Staff Only: item control page