IMPLEMENTASI LAYANAN RAKYAT UNTUK SERTIPIKASI TANAH OLEH KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN WONOGIRI PADA WILAYAH PEDESAAN (Studi Pelaksanaan LARASITA di Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri)

Adhang Budi Wibowo, Wibowo (2016) IMPLEMENTASI LAYANAN RAKYAT UNTUK SERTIPIKASI TANAH OLEH KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN WONOGIRI PADA WILAYAH PEDESAAN (Studi Pelaksanaan LARASITA di Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri). Masters thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI LAYANAN RAKYAT UNTUK SERTIPIKASI TANAH OLEH KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN WONOGIRI PADA WILAYAH PEDESAAN ( Studi Pelaksanaan LARASITA di Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri ) LARASITA merupakan layanan pertanahan bergerak (mobile land service) yang bersifat pro aktif atau "jemput bola" ke tengah-tengah masyarakat. Sebagai sebuah kebijakan inovatif, kelahiran LARASITA dilandasi keinginan pemenuhan rasa keadilan yang diperlukan, diharapkan dan dipikirkan oleh masyarakat. Dalam penelitian ini permasalahan yang dibahas adalah kenapa Layanan Rakyat Untuk Sertipikasi Tanah (LARASITA) dibutuhkan di Kecamatan Baturetno dan Bagaimana implementasi Layanan Rakyat Untuk Sertipikasi Tanah (LARASITA) oleh kantor pertanahan Kabupaten Wonogiri pada wilayah pedesaan Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah Yuridis empiris Spesifikasi penelitian yang digunakan deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan dan studi kepustakaan. Teknik analisis data kualitatif dengan penarikan simpulan induktif. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program LARASITA dapat memberikan kemudahan serta akses yang murah dan cepat dalam mewujudkan kepastian hukum serta untuk menembus daerah-daerah yang sulit dijangkau, sehingga masyarakat yang tinggal di daerah terpencilpun bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan pertanahan. Program LARASITA selalu diharapkan dan ditekankan untuk melaksanakan kunjungan-kunjungan ke daerah-daerah secara bertahap.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:LARASITA, Sertipikat, Kantor Pertanahan
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:58048
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Nov 2017 14:57
Last Modified:15 Nov 2017 14:57

Repository Staff Only: item control page