PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITOR ATAS HILANGNYA OBJEK JAMINAN FIDUSIA (Studi Kasus di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kupang)

Yane Eliza, Yane (2014) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITOR ATAS HILANGNYA OBJEK JAMINAN FIDUSIA (Studi Kasus di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kupang). Masters thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITOR ATAS HILANGNYA OBJEK JAMINAN FIDUSIA (Studi Kasus di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kupang ) Penelitian ini mengkaji tentang masalah perlindungan hukum bagi kreditor atas hilangnya objek jaminan fidusia. Alasan yang menyebabkan dilakukannya penelitian ini adalah fakta bahwa hilangnya benda jaminan fidusia cukup sering terjadi dalam praktik. Pasal 25 ayat (2) Undang-Undang Fidusia menyatakan bahwa salah satu syarat hapusnya jaminan fidusia adalah musnahnya objek jaminan fidusia, sementara untuk objek jaminan fidusia yang hilang oleh sebab apapun, ternyata tidak diatur dan tidak ada penjelasannya di dalam undang-undang tersebut. Hal ini dapat berimplikasi pada timbulnya akibat hukum tertentu yang disebabkan karena terjadinya salah penafsiran terhadap makna teks undang-undang. Studi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris, yaitu suatu penelitian yang mengkaji tentang aspek normatif dan sekaligus aspek bekerjanya hukum di dalam masyarakat, serta respon masyarakat atas penerapan hukum tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui pengamatan dan wawancara dengan informan kunci. Sedangkan data sekunder diperoleh dari penelusuran kepustakaan, catatan dan/atau dokumentasi di bank dan di kantor notaris serta internet. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan teknik reduksi data, display data dan trianggulasi. Selanjutnya, hasil analisis data diinterpretasikan untuk memperoleh pemahaman tentang hubungan dan interaksi di antara berbagai faktor yang menyebabkan dan/atau berpengaruh terhadap timbulnya permasalahan atau fenomena hukum yang terjadi di masyarakat. Hasil interpretasi digunakan untuk merumuskan pemikiran konseptual yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang diteliti Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hilangnya objek jaminan fidusia tidak menghilangkan kewajiban debitor untuk melunasi utangnya; (2) perlindungan hukum bagi kreditor atas hilangnya objek jaminan fidusia, belum diatur di dalam UUF, tetapi diatur di dalam perjanjian fidusia bahwa debitor harus mengganti objek jaminan fidusia yang hilang dengan objek lain yang nilainya setara. Berdasarkan hasil analisis terhadap temuan penelitian, maka dapat disarankan: (1) merevisi Undang-Undang Fidusia, khususnya tentang pengaturan mengenai hilangnya objek jaminan fidusia; (2) mengasuransikan setiap objek jaminan fidusia dalam rangka mengamankan pembayaran kembali kredit yang diberikan kepada debitor.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci: fidusia, jaminan, hilang, asuransi
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57932
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:01 Nov 2017 15:17
Last Modified:01 Nov 2017 15:17

Repository Staff Only: item control page