TANAH WAKAF SEBAGAI TANAH PRODUKTIF : SUATU TELAAH TENTANG PEMANFAATAN TANAH WAKAF YANG BERKEADILAN SOSIAL DI KABUPATEN KUDUS

Diyah , Shofranita (2016) TANAH WAKAF SEBAGAI TANAH PRODUKTIF : SUATU TELAAH TENTANG PEMANFAATAN TANAH WAKAF YANG BERKEADILAN SOSIAL DI KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
52Kb

Abstract

Wakaf memainkan peran ekonomi dan sosial yang sangat penting dalam sejarah Islam, wakaf berfungsi sebagai sumber pembiayaan bagi masjid-masjid, sekolah-sekolah, pengkajian dan penelitian, rumah-rumah sakit, pelayanan sosial dan pertahanan. Perwakafan yang produktif mendorong terbentuknya azas transparansi, akuntabilitas, dan profesionalisme dalam pengelolaannya. Dengan demikian wakaf merupakan transformasi vertikal ibadah lillahi ta‟ala, akan menjadi lebih bersifat horizontal yang berguna bagi kesejahteraan masyarakat sehingga tercapainya keadilan sosial perekonomian yang merata. Problematik penelitian ini adalah 1) Bagaimana permasalahan pemanfaatan tanah wakaf di Kabupaten Kudus selama ini? 2) Bagaimana seharusnya pemanfaatan tanah wakaf sebagai tanah produktif di Kabupaten Kudus? 3) Bagaimana upaya mewujudkan tanah wakaf sebagai tanah produktif yang berkeadilan sosial di Kabupaten Kudus? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan socio-legal research yang bersumber dari pengumpulan data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan (wawancara). Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil temuan peneliti menunjukkan bahwa salahnya pemahaman masyarakat tentang hukum wakaf, Tata kelola wakaf yang belum maksimal dan salah urus berdampak pada adanya harta wakaf yang terlantar, bahkan ada harta wakaf yang hilang, belum bersertifikat dan kurangnya eksistensi nazhir . Saran kepada Pemerintah agar melaksanakan Pemanfaatan tanah wakaf untuk tanah produktif sesuai Undang-Undang No. 41 Tahun 2004 tentang wakaf, sehingga pemanfaatan tanah wakaf secara produktif dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan dapat tercapai.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:wakaf, wakaf tanah produktif, keadilan sosial
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57794
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Oct 2017 15:22
Last Modified:26 Oct 2017 15:22

Repository Staff Only: item control page