JUAL BELI HAK ATAS TANAH DI BAWAH TANGAN TERHADAP OBJEK TANAH DENGAN ALAS HAK SURAT C DESA (STUDI MASYARAKAT SAMIN, DESA KLOPODUWUR, KECAMATAN BANJAREJO, KABUPATEN BLORA)

Delta , Nusantara, S (2016) JUAL BELI HAK ATAS TANAH DI BAWAH TANGAN TERHADAP OBJEK TANAH DENGAN ALAS HAK SURAT C DESA (STUDI MASYARAKAT SAMIN, DESA KLOPODUWUR, KECAMATAN BANJAREJO, KABUPATEN BLORA). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
50Kb

Abstract

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, menggantungkan kehidupan mereka pada hasil bumi. Tanah sebagai sumber utama kehidupan manusia yang dikaruniakan oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai tumpuan kesejahteraan manusia. Maka dari itu pemerintah Indonesia melalui Undang- Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok Agraria dimaksudkan untuk memberikan perlindungan hukum terhadap tanah bagi Warga Negara Indonesia. Permasalahan yang muncul adalah Masyarakat Samin masih banyak melakukan transaksi jual beli tanah di bawah tangan sehingga tanah-tanah yang mereka miliki melalui jual beli tersebut belum mempunyai kekuatan hukum, mereka berpedoman pada Surat/Buku C Desa sebagai pedoman siapa pemilik tanah saat ini. Selain itu bagaimana pemerintah desa setempat dan kantor pertanahan setempat menyikapi kearifan lokal yang ada di Kabupaten Blora dalam pensertifikatan tanahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami dan mendeskripsikan bagaimanakah jual beli yang terjadi di Masyarakat Samin Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo serta bagaimana proses pensertifikatan tanahnya terhadap tanah-tanah yang perolehannya melalui jual beli di bawah tangan dengan alas hak Buku C Desa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, spesifikasi penelitian deskriptif analitis, populasi dan teknik sampel purposifsampling, yang nantinya dalam teknik pengumpulan data nya menggunakan data primer dari tanya jawab oleh responden serta data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan kemudian dianalisa secara kualitatif sehingga menghasilkan data yang deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masyarakat Samin masih sering melakukan jual beli tanah di bawah tangan atas dasar kepercayaan sesuai dengan ajaran samin itu sendiri, selain itu sebagian warga menganggap bahwa jual beli dibawah tangan lebih praktis, biaya terjangkau serta ada yang merasa kurang pemahaman tentang hukum pertanahan. Kantor Pertanahan Kabupaten Blora dalam pelaksanaan pensertipikatan tanah yang terjadi pada Masyarakat Samin Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo sesuai dengan PP 24 Tahun 1997 tentang pendaftaran tanah terhadap tanah-tanah yang jual beli nya masih dibawah tangan dan menggunakan alas bukti hak Surat/Buku C Desa.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Jual Beli di Bawah Tangan, Surat C Desa Masyarakat Samin, Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57786
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Oct 2017 14:44
Last Modified:26 Oct 2017 14:44

Repository Staff Only: item control page