TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN AL-MURABAHAH DALAM KONTEKS TIDAK DIJALANKANNYA WAKALAH OLEH DEBITOR PADA PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH (STUDI BANK SYARIAH BANGKA BELITUNG)

Budi , Setiawan (2016) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN AL-MURABAHAH DALAM KONTEKS TIDAK DIJALANKANNYA WAKALAH OLEH DEBITOR PADA PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH (STUDI BANK SYARIAH BANGKA BELITUNG). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Pembiayaan merupakan salah satu aktivitas dari perbankan syariah yang bertujuan menyalurkan dana kepada pihak nasabah berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Aplikasi akad dan aspek legalnya sangat diperlukan untuk mendukung kelancaran transaksi muamalah dalam aktivitas lembaga perbankan syariah tersebut. Pada praktiknya muncul beberapa permasalahan yang timbul antara pihak bank syariah dan nasabah dalam hal penerapan akad serta pelaksanaannya, dimana kewajiban yang seharusnya dilaksanakan, tidak dipenuhi sesuai dengan akad/perjanjian yang telah disepakati antara pihak bank syariah dan nasabah. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan tesis ini adalah bagaimana keabsahan dari perjanjian Al-Murabahah dalam konteks tidak dijalankannya wakalah oleh debitor dan kendala yang akan dihadapi oleh pihak kreditor apabila debitor tidak menjalankan wakalah dalam pembiayaan murabahah, serta tahapan penyelesaian yang dilakukan oleh pihak Bank Syariah Bangka Belitung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis empiris, karena penelitian ini lebih mengutamakan kepada pendekatan Undang–Undang, pendekatan konsep dan pendekatan kasus. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Bangka Belitung dalam konteks tidak dijalankannya wakalah/perwakilan dalam hal pembelian barang oleh debitor, maka akan mempengaruhi keabsahan dari perjanjian Al-Murabahah, dimana perjanjian tersebut dapat dinyatakan batal demi hukum dan tidak sah menurut fiqh hukum Islam. Serta kendala yang akan dihadapi oleh pihak Bank Syariah Bangka Belitung apabila nasabah tidak menjalankan wakalah tersebut adalah dimungkinkan terjadinya apa yang dinamakan dengan side streaming yang menjadi salah satu faktor dari munculnya pembiayaan bermasalah (nonperforming loan). Tindakan dalam hal penanganan pembiayaan bermasalah tersebut dilakukan sesuai dengan arahan dari Dewan Direksi Bank Syariah Bangka Belitung.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perjanjian Al-Murabahah, Wakalah, Pembiayaan Perbankan Syariah
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57769
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Oct 2017 13:39
Last Modified:26 Oct 2017 13:39

Repository Staff Only: item control page