PERLINDUNGAN HUKUM MEREK TERDAFTAR DARI TINDAKAN PEMALSUAN MEREK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG MEREK NOMOR 15 TAHUN 2001 (Studi Kasus Pada Merek Industri Gula Nusantara Di Kalimantan Barat)

Budi , Hernawan (2016) PERLINDUNGAN HUKUM MEREK TERDAFTAR DARI TINDAKAN PEMALSUAN MEREK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG MEREK NOMOR 15 TAHUN 2001 (Studi Kasus Pada Merek Industri Gula Nusantara Di Kalimantan Barat). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Perlindungan dan penegakan hukum merek diperlukan agar pemilik merek dapat mengambil manfaat ekonomi, sedangkan konsumen sebagai pengguna barang dan/atau jasa yang dihasilkan oleh produsen/pemilik merek tersebut dapat dihindarkan dari kerugian atas pemalsuan merek. Perlindungan dan penegakan hukum merek juga dimaksudkan untuk memberikan akibat hukum terhadap pengguna merek secara ilegal serta mencegah kerugian negara sebagai akibat kehilangan pemasukan pajak atas barang/jasa. Tujuan dari penyusunan tesis ini adalah untuk mengkaji sejauhmana perlindungan hukum merek terdaftar dapat dilindungi pada kasus merek yang di putus hakim Pengadilan Negeri Pontianak dan akibat hukum penggunaan merek oleh pihak ketiga secara ilegal adalah melanggar berdasarkan undang-undang Merek nomor 15 tahun 2001. Metode yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah metode pendekatan yuridis normatif karena berdasarkan Undang - Undang nomor 15 tahun 2001 tentang merek yang merupakan bahan hukum primer dan data sekunder. Spesifikasi penulisan deskriptif analitis. Hasil penelitian adalah Kendala yuridis dan teknis yang dihadapi aparat penegak hukum dalam menanggulangi kasus pemalsuan merek, berkorelasi dengan faktor belum terciptanya sistem peradilan pidana terpadu dalam proses penyidikan pemalsuan merek dan belum memadainya profesionalitas manajemen penyidikan, sehingga dalam beberapa kasus pemalsuan merek salah satunya pemalsuan karung gula merek IGN tidak dapat dimenangkan dalam berperkara dipengadilan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Hukum, Merek Terdaftar, Pemalsuan Merek, Merek IGN, Kalimantan Barat.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57767
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Oct 2017 13:33
Last Modified:26 Oct 2017 13:33

Repository Staff Only: item control page