AKIBAT HUKUM KEPEMILIKAN DAN JUAL BELI HAK ATAS TANAH YANG TERKENA DAMPAK ABRASI LAUT DI WILAYAH PESISIR (STUDI DI KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK)

Azimah Kibritul , Chamro’ (2016) AKIBAT HUKUM KEPEMILIKAN DAN JUAL BELI HAK ATAS TANAH YANG TERKENA DAMPAK ABRASI LAUT DI WILAYAH PESISIR (STUDI DI KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
51Kb

Abstract

Indonesia merupakan Negara maritim yang mempunyai perairan laut yang sangat luas, bahkan mempunyai garis pantai terpanjang kedua di Dunia. Pemanfaat dan pelestarian yang salah di wilayah pesisir pantai maupun pelestarian ekosistem laut akan mengakibatkan kerusakan di sekitar wilayah pesisir salah satunya adalah abrasi. Salah satu Daerah yang mendapat dampak abrasi ini adalah Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Akibat abrasi tersebut adalah penurunan fungsi lahan dan penggenangan air laut di kawasan tanah pertanian atau tambak milik masyarakat tersebut. hal ini berdampak pada hilangnya hak yang melekat pada suatu bidang lahan yang berada di wilayah pesisir tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas maka ada dua permasalahan yang dikaji, antara lain : bagaimana akibat hukum kepemilikan hak atas tanah yang terkena dampak abrasi laut di wilayah Manyar Kabupaten Gresik serta bagaimanakah akibat hukum jual beli atas tanah yang terkena dampak abrasi laut tersebut. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris dengan data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari hasil pustaka. Spesifikasi penelitian ini deskriptif dan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akibat hukum kepemilikan hak atas tanah yang terkena dampak abrasi laut adalah hak tersebut hilang atau musnah dan tanah tersebut kembali dikuasai oleh Negara serta Negara berhak menentukan peruntukan tanah tersebut. Jika hak tersebut hilang maka akibat hukum jual beli atas tanah tersebut batal demi hukum. Saran dalam penelitian ini adalah perlu dilakukan penertiban penataan di kawasan wilayah pesisir dan Pemerintah perlu melakukan sosialisasi terhadap masalah tanah di daerah pesisir pantai terutama pada tanah yang hilang akibat abrasi pantai.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Akibat Hukum Hak Milik atas Tanah, Dampak Abrasi Pantai, Wilayah Pesisir
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57754
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Oct 2017 11:50
Last Modified:26 Oct 2017 11:50

Repository Staff Only: item control page