PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PRODUK YANG BERKARAKTER WELL-KNOWN TRADEMARK TERHADAP DAMPAK PROMOSI ( Studi Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA)

Annisa , Mutiasari (2016) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PRODUK YANG BERKARAKTER WELL-KNOWN TRADEMARK TERHADAP DAMPAK PROMOSI ( Studi Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
53Kb

Abstract

Promosi produk dapat berakibat suatu merek menjadi merek generik karena telah menjadi istilah umum sehingga hilang perlindungan hukumnya. Namun pada kenyataannya merek-merek generik di Indonesia masih tetap digunakan sebagai merek sehingga tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 5 Undang- Undang Nomor 15 tahun 2001 tentang Merek. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu pertama bagaimana dampak promosi terhadap keberlangsungan produk yang berkarakter well-known trademark (merek dagang terkenal). Kedua bagaimana upaya perlindungan hukum terhadap produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek AQUA dalam rangka mencegah agar tidak menjadi merek generik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis dampak promosi terhadap keberlangsungan produk yang berkarakter well-known trademark serta untuk mengkaji dan menganalisis upaya perlindungan hukum terhadap produk AMDK merek AQUA dalam rangka mencegah agar tidak menjadi merek generik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan yuridis empiris berdasarkan data primer berupa wawancara dengan para pihak yang berkaitan secara langsung dengan masalah yang diteliti agar mendapatkan informasi yang jelas sesuai keadaan di lapangan dan data sekunder, kemudian disajikan dalam bentuk tesis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan, yaitu pertama bahwa dengan dipromosikannya suatu produk tidak hanya membuat mereknya tergolong menjadi merek terkenal tetapi juga berdampak negatif yaitu merek dapat hilang perlindungan hukumnya serta masyarakat tidak lagi melihat pada merek ketika membeli AMDK. Kedua, ketentuan hukum positif mengenai perlindungan hukum terhadap merek terkenal khususnya mengenai merek dagang terkenal yang dihapus karena telah berubah menjadi generik belum terakomodir. Saran dari penelitian ini adalah agar pemilik merek AMDK khususnya AQUA dalam mempromosikan produknya harus memberikan pedoman yang menyarankan bagaimana masyarakat menggunakan merek tersebut seperti mengajak masyarakat untuk menyebut AQUA adalah “air mineral AQUA”. Selain itu sebaiknya Pemerintah membuat ketentuan baku mengenai kriteria merek terdaftar yang dapat dihapuskan karena telah menjadi merek generik.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:perlindungan hukum, merek dagang terkenal, dampak promosi, AQUA
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57737
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Oct 2017 10:41
Last Modified:26 Oct 2017 10:41

Repository Staff Only: item control page