PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN HAK PAKAI MENJADI HAK PENGELOLAAN YANG DIDASARKAN PADA PERJANJIAN KERJASAMA DI KABUPATEN PANDEGLANG

Ahmad Fathur , Rahman (2016) PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN HAK PAKAI MENJADI HAK PENGELOLAAN YANG DIDASARKAN PADA PERJANJIAN KERJASAMA DI KABUPATEN PANDEGLANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Penggunaan dan Pemanfaatan Hak Pakai menjadi Hak Pengelolaan yang didasarkan pada Perjanjian Kerjasama merupakan proses konversi yang timbul akibat dari Perjanjian Bangun Guna Serah (Built, Operate, Transfer (BOT) antara Pemerintah Kabupaten Pandeglang dengan PT Taman Sari Raya. dalam pelaksanaannya terdapat kelalaian yang dilakukan para subjek Perjanjian yaitu tidak dilakukannya konversi status hak atas tanah yang menjadi objek perjanjian. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan dan pemanfaatan status hak atas tanah sebagai objek perjanjian. Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tesis ini yaitu metode penelitian yuridis empiris, dan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pengumpulan data primer dan sekunder dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan Penggunaan dan Pemanfaatan Hak Pakai dalam perjanjian ini, bertentangan dengan peraturan Hukum Agraria dan KUHPerdata Buku III tentang Perikatan, sehingga berakibat hukum dengan menunda pelaksanaan Penggunaan dan Pemanfaatan atas tanah sampai dengan dipenuhinya ketentuan-ketentuan yang selaras dengan isi perjanjian dan peraturan yang berlaku. Namun berdasarkan Pasal 33 Ayat (3) UUD 1945 sebagai landasan konstitusional negara menjamin hak-hak atas tanah yang melekat berdasarkan fungsi sosial dalam pelaksanaan pembangunan yang merata demi kepentingan umum. Saran yang dapat disampaikan oleh Penulis, adalah, dalam melakukan perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga, Pemerintah Kabupaten Pandeglang harus cermat dan tepat dalam menetapkan keputusannya serta adanya legal due delegasi yaitu suatu proses penyelidikan, dan penilaian kinerja terhadap perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Penggunaan dan Pemanfaatan Hak Pakai, Penggunaan dan Pemanfaatan Hak Pengelolaan, Perjanjian Kerjasama Built, Operate, Transfer (BOT).
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57728
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:26 Oct 2017 10:07
Last Modified:26 Oct 2017 10:07

Repository Staff Only: item control page