PENGARUH EKSTRAK DAUN kemangi (Ocimum basilicum Linn) PADA BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP VIABILITAS BAKTERI Streptococcus mutans

Permatasari, Rina Nuzulia and Santoso , Oedijani (2017) PENGARUH EKSTRAK DAUN kemangi (Ocimum basilicum Linn) PADA BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP VIABILITAS BAKTERI Streptococcus mutans. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
376Kb
[img]
Preview
PDF
119Kb
[img]
Preview
PDF
263Kb
[img]
Preview
PDF
92Kb

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan gigi merupakan suatu masalah kesehatan yang memerlukan penanganan komprehensif,salah satunya karies gigi. Prevalensi karies yang cukup tinggi di Indonesia mempunyai etiologi yang salah satunya disebabkan oleh Streptococcus mutans. Tindakan alternatif pencegahan dengan daun kemangi (Ocimum basilicum Linn) yang memiliki manfaat sebagai penghilang rasa sakit (analgesik), antibakteri dan antijamur dengan kandungan kimia Flavonoid, glikosid, asam gallic dan esternya, asam kaffeic dan minyak atsiri yang mengandung eugenol sebagai komponen utama. Tujuan: Mengetahui pengaruh ekstrak daun kemangi (Ocimum basilicum Linn) pada berbagai konsentrasi terhadap viabilitas Streptococcus mutans yang diukur dengan zona hambatnya. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis Post test only control group design dengan cara kertas cakram yang direndam dalam aquadestilata steril (kontrol) dan yang direndam dalam ekstrak daun kemagi (perlakuan) dengan konsentrasi 25%, 50%, 75%, dan 100%; lalu diletakkan ke dalam cawan petri yang telah ditanami bakteri Streptococcus mutans. Hasil Penelitian: Diameter zona hambat terhadap Streptococcus mutans pada kelompok yang diberi perlakuan ekstrak daun kemangi pada konsentrasi 25%, 50%, 75% dan 100% sama besar diameter zona hambatnya dengan kelompok kontrol (-). Sehingga perhitungan statistika tidak perlu dilakukan karena zona hambat kelompok perlakuan sama dengan zona kontrol. Penilaian perbedaan zona hambat antar kelompok menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan (p=1,0). Kesimpulan: Tidak adanya daya hambat oleh ekstrak daun kemangi pada berbagai konsentrasi terhadap viabilitas bakteri Steptococcus mutans. Masing-masing persentase ekstrak daun kemangi tidak berpengaruh terhadap ukuran zona hambat yang dihasilkan. Kata Kunci: Ekstrak Daun Kemangi, Streptococcus mutans, Diameter zona hambat, viabilitas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RK Dentistry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:57639
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:23 Oct 2017 12:13
Last Modified:23 Oct 2017 12:13

Repository Staff Only: item control page