FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK IBU DALAM PERSONAL HYGIENE ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI SEMARANG

RAISASARI, IRMA IVONITA (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK IBU DALAM PERSONAL HYGIENE ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Anak dengan retardasi mental mempunyai keterlambatan dan keterbatasan dalam semua area perkembangan sehingga mereka mengalami kesulitan untuk memiliki kemampuan dalam merawat diri sendiri dan cenderung memiliki ketergantungan dengan lingkungan terutama pada orangtua.Kota Semarang menempati urutan tertinggi siswa disabilitas di Jawa Tengah yaitu sebesar 1.414 anak, dan siswa dengan retardasi mental berjumlah 968 anakTujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik ibu dalam personal hygiene anak retardasi mental di SDLB Negeri Semarang Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan kepada 65 responden yaitu ibu dari anak retardasi mental di SDLB Negeri Semarang.Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Praktik responden dalam memelihara personal hygiene anak retardasi mental sudah baik, yaitu sebesar 58,5%. Responden yang berumur 29-41 tahun memiliki prosentase sebesar 50,8%, responden sebagian besar berpendidikan rendah (tidak sekolah – SMP) yaitu 64,6%, responden sebagian besar berprofesi sebagai ibu rumah tanggayaitu 83,1%. Pengetahuan responden mengenai personal hygiene sudah baik yaitu sebesar 61,5%, sikap responden sebagian besar baik yaitu 66,2%. Sumber informasi tentang personal hygiene yang diperoleh responden sebagian besar baik yaitu 73,8%, pola asuh responden sebanyak 50,2% adalah baik, dukungan suami sebagian responden adalah mendukung yaitu 78,5% dan dukungan guru yang yang mendukung yaitu sejumlah 66,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempunyai hubungan signifikan dengan praktik ibu dalam personal hygiene anak retardasi mental adalah variabel pengetahuan (p=0,029), variabel sikap (p=0,001) dan variabel sumber informasi (p=0,049). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah variable umur (p=1,000), variabel pendidikan (p=0,280), variabel pekerjaan (p=0,178), variabel pola asuh (p=0,690), variabel dukungan suami (p=0,100), variabel dukungan guru (p=0,074) Kata Kunci: Praktik Ibu, Personal Hygiene, Anak Retardasi Mental

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:57634
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Oct 2017 11:30
Last Modified:23 Oct 2017 11:30

Repository Staff Only: item control page