Sekolah Alam Semarang

Dzulhasri Zulima, Qabila r and Sudarwanto, Budi and Hardiman, Gagoek (2017) Sekolah Alam Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
845Kb
[img]
Preview
PDF
628Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4Mb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

856Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2162Kb
[img]
Preview
PDF
583Kb
[img]
Preview
PDF
300Kb
[img]
Preview
PDF
454Kb

Abstract

Kondisi pendidikan Indonesia yang sedang menurun tak terlepas dari metode belajar yang digunakan. Pembelajaran yang cenderung lebih banyak teori dan minim praktik membuat siswa kurang dapat menerapkan ilmu yang didapat dengan baik, tak hanya ilmu kognitif , namun juga afektif. Pendidikan di Indonesia memerlukan jenis pendidikan baru yang membuat peserta didik lebih memahami tak hanya teori, tapi juga penerapannya dalam kehidupan sehingga kedua aspek baik kognitif maupun afektif dapat berkembang. Sekolah alam menjadi salah satu alternatif metode pendidikan yang terus tumbuh di Indonesia. Dengan memanfaatkan alam sebagai media belajarnya, sekolah alam mengajak peserta didiknya untuk melihat dan mengalami langsung apa yang dipelajari sehingga pemahaman dan perkembangan siswa lebih mudah terjadi. Kota Semarang, sebagai ibukota Jawa tengah dengan jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahun menjadi salah satu kota yang berpotensi membutuhkan sekolah alam. Namun, hingga saat ini, baru terdapat dua sekolah alam di Kota Semarang dengan peminat yang juga meningkat setiap tahunnya. Bertepatan dengan perencanaan pemanfaatan wilayah Gunungpati sebagai wilayah pendidikan, Sekolah Alam Semarang mengambil site di Desa Kandri, Gunungpati Semarang. Bentang alam yang tersedia serta potensi penduduk Desa Wisata Kandri yang turut menjaga dan mengembangkan lingkungan alamnya, dapat mendukung pembelajaran sekolah alam serta turut melestarikan alam Gunungpati. Untuk merancang sekolah alam yang tak hanya fungsional tapi juga kontekstual, diperlukan sebuah kajian mengenai sekolah alam maupun site terpilih. Kajian tersebut meliputi pengertian serta peraturan tentang sekolah alam, serta studi banding beberapa sekolah alam yang telah ada di Indonesia terkait kegiatan yang diselenggarakan, fasilitas yang tersedia, serta bentuk bangunan maupun kawasan yang digunakan sebagai ruang belajar. Selain itu, terdapat juga tinjauan tentang site Sekolah Alam Semarang yaitu Desa Kandri, Gunungpati. Tinjauan-tinjauan tersebut menghasilkan suatu program perencanaan yang menjelaskan berbagai jenis kebutuhan ruang pada Sekolah Alam Semarang beserta kebutuhan luasnya, dan program perancangan yang menjelaskan dengan karakter seperti apa sekolah alam ini akan didesain.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:57614
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Oct 2017 08:40
Last Modified:23 Oct 2017 08:40

Repository Staff Only: item control page