Khuzma, Rizky Rahmawati and Kahija, Yohanis Franz La (2017) PENGALAMAN MENJADI IBU DI ERA DIGITAL: INTERPRETATIVE PHENOMENOLOGICAL ANALYSIS. Undergraduate thesis, Undip.
| PDF 149Kb |
Abstract
Penggunaan teknologi bagi anak pada saat ini sudah menjadi suatu hal yang lazim. Orangtua sudah memfasilitasi anak-anaknya yang masih berusia dini dengan gadget pribadi. Penggunaan teknologi menghasilkan dampak positif dan negatif bagi penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi anak pada diri ibu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Partisipan penelitian yaitu ibu dengan anak yang telah dikenalkan gadget pada usia dini dan memiliki gadget pribadi.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu telah mengenalkan teknologi pada anak sejak usia dini. Pengenalan gadget pada anak usia dini dilatarbelakangi dengan alasan pemberian gadget dari kakek dan nenek, alasan pekerjaan, dan kepercayaan pada anak. Penggunaan gadget berpengaruh positif dan negatif baik bagi diri anak maupun ibu. Dampak positif penggunaan gadget pada anak yaitu membantu anak dalam belajar, media hiburan, dan penenang bagi anak. Dampak negatif penggunaan gadget bagi anak yaitu anak memunculkan perilaku agresif, konsentrasi dan perhatian anak menurun, serta kesulitan berbicara. Pada diri ibu, dampak positif penggunaan gadget anak yaitu membantu dalam mengasuh anak, kemudahan berkomunikasi dengan anak, dan rasa senang karena anak di rumah. Dampak negatif yang muncul yaitu menjadi objek agresivitas anak, kesulitan menarik perhatian anak, serta kekhawatiran pada anak. Kata Kunci: Pengenalan teknologi, Penggunaan teknologi, Dampak teknologi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
ID Code: | 57585 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 20 Oct 2017 11:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 11:42 |
Repository Staff Only: item control page