MEMORI DAN RELASI MAKNA MENGENAI ANTONIM PADA ANAK AUTIS: STUDI KASUS TERHADAP 3 ANAK AUTIS USIA 11-16 DI SEKOLAH INKLUSI CAHAYA DIDAKTIKA

Sari , Sansiviera Mediana (2017) MEMORI DAN RELASI MAKNA MENGENAI ANTONIM PADA ANAK AUTIS: STUDI KASUS TERHADAP 3 ANAK AUTIS USIA 11-16 DI SEKOLAH INKLUSI CAHAYA DIDAKTIKA. In: "International Seminar “Language Maintenance and Shift” VII ISSN: 2540-8755, July 19 - 20, 2017, Hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
2310Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Autisme merupakan kelainan perkembangan pada sistem saraf yang kompleks dan ditandadengan berbagai macam kesulitan seperti kesulitan dalam bersosialisasi, berkomunikasidan berbahasa. Sekolah Cahaya Didaktika merupakan sekolah inklusi, tempat belajar baganak-anak berkebutuhan khusus. Di sekolah tersebut terdapat materi belajar mengenakemahiran bahasa. Salah satu kemahiran bahasa ialah mempelajari antonim. Hanya adabeberapa anak di sekolah Cahaya Didaktika yang sudah dapat mempelajari antonim dan tentu saja kemahiran ini ditunjukkan bagi anak-anak yang sudah dapat membaca danmenulis. Penulis meneliti memori anak autis mengenai antonim serta bagaimana relasimakna yang dibangun pada kosakata yang tidak sesuai dengan antonimnya. Usia respondenberkisar 11-16 dengan jumlah 3 orang. Metode yang digunakan ialah berupa tes soalantonim yang berjumlah 40. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa memorikata pada anak autis masih kurang dan kosakata yang tidak tepat ternyata masih memilikrelasi makna dengan antonimnya.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:autis, antonim, memori kata, relasi makna
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:57582
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Oct 2017 10:04
Last Modified:09 Feb 2018 15:26

Repository Staff Only: item control page