PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA SECARA ONLINE PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA JAWA TENGAH

NINDYASARI MAYARINANTI, S.H., MAYARINANTI (2014) PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA SECARA ONLINE PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA JAWA TENGAH. Masters thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA SECARA ONLINE PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA JAWA TENGAH Surat Edaran Direktorat Jenderal administrasi Hukum Umum nomor AHU-06.OT.03.01 tahun 2013 tanggal 5 Maret 2013 tentang Pemberlakuan Sistem Administrasi Pendaftaran Jaminan Fidusia Secara elektronik telah terjadi perubahan sistem pendaftaran jaminan Fidusia secara manual menjadi online system. Fidusia online merupakan terobosan revolusioner di bidang pelayanan birokrasi. Kendala yang ada yaitu keterbatasan pada system yang belum sempurna dan disangsikannya kepastian hukum dari Sertifikat Fidusia online tersebut. Dari problem tersebut dapat ditarik permasalahan sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan pendaftaran Fidusia Online pada Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Jawa Tengah? Bagaimana keabsahan hukum atas Sertipikat Fidusia yang didaftarkan secara Online di Indonesia? Metode pendekatan secara socio-legal kualitatif. Penelitian berangkat dari fakta empiris terhadap pelaksanaan pendaftaran Jaminan Fidusia Online, dengan tempat penelitian difokuskan pada Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM RI Jawa Tengah yang dikaitkan dengan kaedah hukum terutama ditinjau dari sudut ilmu hukum jaminan dan peraturan-peraturan tertulis lain. Hasil dari pembahasan masalah tersebut adalah ditemukannya beberapa keluhan di lapangan mengenai keterlibatan Notaris sebagai pihak ketiga dalam pendaftaran, ketersediaan dan kemampuan internet yang belum memadai, kelemahan pada server, dan kesulitan pembayaran PNBP. Sedangkan mengenai keberadaan sertifkat Fidusia online telah dirasa cukup mampu memberikan kepastian hukum bagi para pihak. Saran bagi pemerintah, untuk memperbaiki dan segera melengkapi kekurangan dari sistem tersebut. Bagi pihak Bank atau Leasing, untuk segera mendaftarkan Jaminan Fidusia untuk mendapatkan kepastian hukum dan tidak habis lampau waktu. Bagi Notaris, agar lebih berhati-hati dalam melakukan pendaftaran dan menggunakan security paper agar menciptakan kesan eksklusif dari sertipikat Jaminan Fidusia itu sendiri.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Jaminan, Fidusia, Online System, Kepastian Hukum
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57472
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:18 Oct 2017 10:31
Last Modified:18 Oct 2017 10:31

Repository Staff Only: item control page