UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PENGGUNA PRODUK JAMU DI INDONESIA TERHADAP JAMU YANG MENGANDUNG BAHAN KIMIA OBAT (BKO)

YOGA , TRI SUTOMO (2015) UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PENGGUNA PRODUK JAMU DI INDONESIA TERHADAP JAMU YANG MENGANDUNG BAHAN KIMIA OBAT (BKO). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Kesehatan adalah hak dasar setiap warga negara yang telah dijamin dalam konstitusi negara yaitu dalam Pasal 28 H angka 1 UUD 1945. Manusia dalam memperoleh kesehatan melakukan berbagai macam cara, termasuk salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jamu. Maraknya peredaran jamu (BKO) sangat berbahaya bagi kesehatan. Peredaran jamu tersebut telah melanggar berbagai peraturan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang penyebab maraknya peradaran jamu (BKO) dan untuk mengetahui upaya perlindungan hukum yang diberikan pemerintah terhadap konsumen. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.Teknik pengumpulkan data yang digunakan melalui metode wawancara secara mendalam dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh, pertama maraknya peradaran jamu (BKO) disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan tingkat kesadaran konsumen, permintaan pasar yang besar, sehingga ada itikad tidak baik dari pelaku usaha untuk mencari keuntungan. Kedua, upaya perlindungan hukum yang diberikan oleh pemerintah melalui BBPOM yaitu berupa pembinaan kepada konsumen dan pelaku usaha dan melalui pengawasan baik pre-market maupun post- market. Simpulan, penerapan aturan perlindungan konsumen belum sesuai dengan harapan, karena rendahnya tingkat kesadaran konsumen. Saran terhadap konsumen adalah jadilah konsumen yang cerdas. Terhadap pemerintah, harus meningkatkan upaya pembinaan dan pengawasan terhadap produk yang beredar. Terhadap pelaku usaha, diharapkan melakukan usaha dengan mengutamakan itikad baik.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Hukum, Konsumen, Jamu BKO
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57423
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:17 Oct 2017 11:55
Last Modified:17 Oct 2017 11:55

Repository Staff Only: item control page