KAJIAN PELAYANAN TRAYEK ANGKUTAN UMUM PENUMPANG DALAM KOTA DI KOTA BENGKULU

S A F A R I A D I, (2004) KAJIAN PELAYANAN TRAYEK ANGKUTAN UMUM PENUMPANG DALAM KOTA DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
74Kb

Official URL: http://mpwk.undip.ac.id

Abstract

Kota Bengkulu merupakan suatu kota yang memiliki tingkat pertumbuhan ruang yang cukup tinggi, Tingginya tingkat pertumbuhan tersebut karena Kota Bengkulu berfungsi juga sebagai ibukota Provinsi Bengkulu yang berperan sebagai pusat pelayanan pemerintahan, baik pemerintahan Provinsi Bengkulu maupun pemerintahan Kota Bengkulu. Dalam skala regional, Kota Bengkulu berperan sebagai pusat kegiatan perekonomian kota-kota yang ada di daerah belakang (hinterland), disamping itu juga berperan untuk menciptakan dinamisasi kegiatan ekonomi dan keseimbangan perkembangan dengan kota-kota di luar Provinsi Bengkulu. Tingginya intensitas kegiatan ekonomi membawa pengaruh terhadap jumlah dan pola perjalanan orang dan barang. Kebutuhan transportasi orang dari suatu tempat ke tempat lain di dalam wilayah Kota Bengkulu sebagian besar dilayani oleh angkutan kota (angkota) jenis mobil penumpang. Peran angkota tersebut sangat besar dalam menunjang mobilitas warga Kota Bengkulu untuk melakukan aktivitasnya, dimana angkota yang beroperasi tidak hanya dibutuhkan warga kota Bengkulu saja (internal), melainkan juga merupakan kebutuhan sarana transportasi dari warga kabupaten lainnya yang berdomisili di sekitar batas wilayah administrasi Kota Bengkulu (eksternal). Permasalahan transportasi di Kota Bengkulu terutama pada masalah jaringan trayek, dimana pelayanan jaringan trayek di Kota Bengkulu saat ini dirasakan belum optimal, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu; (a). deviasi pada rute, yaitu kemungkinan angkota menyusuri daerah-daerah yang bukan rutenya karena demandnya rendah, (b) jaringan trayek yang ada tidak tepat penataannya, karena masih ada kawasan kota yang belum terlayani angkutan kota, (c) Penerapan pola rute trayek belum maksimal, karena untuk mencapai tujuan perjalanan diperlukan beberapa kali perpindahan angkota sehingga menyebabkan biaya tinggi bagi pengguna jasa angkota. Di sisi lain masih banyak kawasan lain di Kota Bengkulu belum terlayani angkutan umum secara optimal, sehingga seseorang harus mengeluarkan biaya tinggi untuk mencapai daerah tujuannya. Untuk mengoptimalisasi pelayanan jaringan trayek angkota di Kota Bengkulu, perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis kinerja angkutan kota melalui kajian pelayanan trayek angkutan kota. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis non statistik dan analisis statistik. Dalam penelitian ini analisis akan dilakukan terhadap potensi pergerakan dan jaringan trayek untuk mengidentifikasi kondisi eksisting Kota Bengkulu ditinjau dari variabel-variabel tersebut. Selanjutnya dilakukan analisis kinerja rute angkota di Kota Bengkulu, yaitu untuk mengetahui apakah pelayanan angkota pada masing-masing rute telah mempunyai kinerja yang baik, cukup baik atau kurang baik. Hasil dari penelitian memberikan kesimpulan bahwa angkota merupakan sarana angkutan umum yang sangat dibutuhkan penduduk Kota Bengkulu. Sedangkan kondisi rute trayek angkota yang ada secara umum menunjukkan kinerja yang cukup baik dilihat dari parameter area coverage, route directness, aksesibilitas, load factor, headway, pendapatan pengemudi dan jumlah armada. Kinerja yang cukup baik ini disebabkan karena rute angkota memperlihatkan kecenderungan hanya melalui jalan-jalan utama. Disamping itu di Kota Bengkulu terjadi kelebihan angkota serta masih ada kawasan-kawasan yang belum memperoleh pelayanan rute trayek sehingga hasil penelitian merekomendasikan supaya memodifikasi rute trayek yang sudah ada guna meningkatkan kinerja rute trayek.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:5742
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jan 2010 22:55
Last Modified:11 Feb 2010 09:44

Repository Staff Only: item control page