PENELITIAN LAPANGAN MENGENAI PENGGUNAAN BAHASA PADA DOMAIN TRANSACTION, FRIENDSHIP, DAN JOB DI FOODCOURT MORO, MORO MALL, PURWOKERTO

Asih , Mutiara Karna (2017) PENELITIAN LAPANGAN MENGENAI PENGGUNAAN BAHASA PADA DOMAIN TRANSACTION, FRIENDSHIP, DAN JOB DI FOODCOURT MORO, MORO MALL, PURWOKERTO. In: "International Seminar “Language Maintenance and Shift” VII ISSN: 2540-8755, July 19 - 20, 2017, Hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
2328Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Kajian Etnografi Komunikasi meliputi kajian tentang 1) Speech community (Komunitas Linguistik), 2) Speech act (aksi/tindak ujaran), 3) Communicative Competence (kapasitas atau kompetensi komunikatif penutur). Dalam penelitian ini, penulis melakukan fieldwork atau penelitian lapangan di sebuah speech comunity atau komunitas linguistik yang terjadi di Foodcourt Moro, Moro Mall Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan aneka isu yang terjadi dalam sebuah lokasi yaitu sebuah foodcourt. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung dan wawancara dimana penulis terlibat langsung. Data ditranskripsi dan diteliti berdasarkan teori penentu domain. Hasil penelitian menunjukkan Bhwa ada tiga domain yang ditemukan di dalam sebuah lokasi Foodcourt, yaitu Domain Transaction (Transaksi jual beli) yang terjadi antara pengunjung foodcourt dan petugas foodcourt, Kemudian yang kedua adalah Domain Friendship (Keakraban) terjadi antar pengunjung foodcourt yang berusia sebaya. Domain yang ketiga adalah Domain Job (Pekerjaan) yang melibatkan anggota karyawan foodcourt. Tiga domain tersebut mempunyai ciri berdasarkan topik umum pembicaraan dalam domain, hubungan antar partisipan, dan setting interaksi.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Etnografi komunikasi, Domain, Foodcourt, Transaction, Friendship, Job
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:57402
Deposited By:Mr Wahyu Setia Budi
Deposited On:17 Oct 2017 10:45
Last Modified:09 Feb 2018 14:02

Repository Staff Only: item control page