PENETAPAN NILAI LIMIT OBYEK HAK TANGGUNGAN DALAM LELANG EKSEKUSI DAN IMPLIKASI HUKUMNYA (Studi di Balai Lelang Swasta PT. Srijaya Realty)

Tjoa Sari , Puteri Jorinda (2015) PENETAPAN NILAI LIMIT OBYEK HAK TANGGUNGAN DALAM LELANG EKSEKUSI DAN IMPLIKASI HUKUMNYA (Studi di Balai Lelang Swasta PT. Srijaya Realty). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
38Kb

Abstract

Lelang Eksekusi yang merupakan lelang untuk melaksanakan putusan pengadilan atau dokumen dipersamakan dengan itu, maka posisi penjual adalah pihak yang menguasai barang (kreditor). Penentuan harga limit atau nilai limit penjual tidak boleh merugikan kepentingan pemilik barang sebenarnya (debitor). Penentuan harga limit untuk menentukannya harus dengan tim independen dan pihak kreditor yang menentukan harga tersebut. Objek yang tidak laku di jual maka nilai limit akan turun 10%,20% dan 30% sampai objeknya laku terjual. Harga yang terus menurun maka debitor akan mengalami kerugian, dan kreditor dapat digugat oleh debitor karena harga yang dijual tidak sesuai dan tidak memperoleh keuntungan. Masalah yang dibahas dalam tesis ini adalah bagaimana implikasi penetapan nilai limit dari lelang atas nilai hak tanggungan terhadap debitor dan bagaimana perlindungan hukum bagi kreditor dalam eksekusi lelang yang tidak sesuai dengan nilai limit.Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implikasi penetapan nilai limit atas nilai hak tanggungan terhadap debitor dan menganalisis perlindungan hukum bagi kreditor dalam eksekusi lelang yang tidak sesuai dengan nilai limit. Metode yang digunakan penulis metode pendekatan yuridis empiris. Spesifikasi penelitian ini deskriptif analitis. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer yang digunakan adalah wawancara dengan proses tanya jawab dan data sekunder yang digunakan adalah perundang- undangan, buku-buku teks dan internet. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif, kemudian ditarik simpulan secara induktif, yang mengenai Penetapan Nilai Limit Obyek Hak Tanggungan Dalam Lelang Eksekusi Dan Implikasi Hukumnya (Studi di Balai Lelang Swasta PT. Srijaya Realty). Implikasi penetapan nilai limit dari lelang atas nilai hak tanggungan terhadap debitor adalah kreditor yang menentukan harga nilai limit dan obyek itu di lelang penentuan nilai limit penjual menentukan dengan dua cara berdasarkan penilaian independen/ dari luar. Penetapan nilai limit ini mempunyai kepastian hukum sehingga akan terhindar dari masalah gugat menggugat antara para pihak. Perlindungan hukum bagi kreditor dalam lelang eksekusi yang tidak sesuai dengan nilai limit adalah secara perlindungan hukum secara administrasi hukum bahwa dalam lelang sudah ada kejelasan dalam hal harga yang diberikan oleh Tim Penilai dan perlindungan hukum yang memberikan kepastian hukum kepada kreditor bahwa ada kesesuaian dengan Undang-Undang. Saran dari penulisan ini adalah Nilai Limit dalam pelaksanaan lelang dapat efekstif sebagaimana mestinya dengan harus menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam lelang. Peraturan Lelang diatur mengenai sanksi dan tanggungjawab yang tegas terhadap setiap kelalaian yang dilakukan para pihak dalam lelang.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Nilai Limit, Hak Tanggungan, Lelang, Eksekusi
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57398
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:17 Oct 2017 10:35
Last Modified:17 Oct 2017 10:35

Repository Staff Only: item control page