PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP BANK DALAM HAL DEBITOR KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) - (STUDI KASUS WANPRESTASI DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH )

TIA NURLINA , HAPSARI (2015) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP BANK DALAM HAL DEBITOR KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) - (STUDI KASUS WANPRESTASI DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH ). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

Sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang berpenghasilan ekonominya dalam level atau tingkatan kecil dan menengah. Untuk memenuhi kebutuhan akan perumahan, pemerintah maupun pihak swasta memberikan kemudahan bagi mereka yang belum memiliki rumah sendiri dan tidak dapat membeli secara tunai maka dapat membeli dan memiliki rumah melalui fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. Penelitian ini akan mengkaji alasan diperlukan perlindungan hukum bagi Bank dalam pembayaran angsuran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Semarang dan bagaimana perlindungan hukum bank sebagai kreditor dalam hal debitor wanprestasi. Metode penelitian yang digunakan dalam menjawab perumusan masalah di atas menggunakan metode penelitian kualitatif.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Socio Legal Kualitatif dengan menggunakan spesifikasi penelitian deskriptif analitis.Sumber dan jenis data dalam penelitian ini menggunakan Data Primer dengan melakukan wawancara di lokasi penelitian dan Data Sekunder berupa peraturan perundang-undangan.Analisis data dilakukan secara analisis kualitatif.Data yang dikumpulkan secara lengkap kemudian diproses melalui mereduksi data kemudian diambil kesimpulan dan verifikasi, data yang telah terkumpul diambil kesimpulannya. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa alasan diperlukan perlindungan bagi bank sebagai pihak kreditor, karena PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah merupakan lembaga intermediasi yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dalam bentuk kredit. Lembaga perbankan termasuk kepercayaan masyarakat bahwa uang yang disimpan dapat dikelola dengan baik oleh bank.Perlindungan hukum untuk mengantisipasi debitor wanprestasi, bank melakukan penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum yang diatur dalam Peraturan Bank Indonesia. Perlindungan ini diukur oleh 4 faktor yaitu : Profil risiko, GCG, Earnings dan Faktor Permodalan (Capital). Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Bank memberikan perlindungan yang baik untuk mengantisipasi risiko kredit dan debitor wanprestasi di kemudian hari. Saran dari penelitian ini bahwa Bank harus menjaga tingkat kesehatan bank karena kesehatan bank merupakan perlindungan yang terpenting bagi kepentingan para pihak.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Wanprestasi, Perlindungan Hukum,
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57395
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:17 Oct 2017 10:29
Last Modified:17 Oct 2017 10:29

Repository Staff Only: item control page