TINJAUAN PERJANJIAN KEMITRAAN ANTARA PT SURYA SEKAWAN SEJATI DENGAN PETANI PETERNAK UNGGAS DI KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL

Teguh , Widodo (2015) TINJAUAN PERJANJIAN KEMITRAAN ANTARA PT SURYA SEKAWAN SEJATI DENGAN PETANI PETERNAK UNGGAS DI KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
39Kb

Abstract

Pelaksanaan perjanjian berternak ayam dengan tujuan menghasilkan ayam potong atau yang sering disebut dengan ayam broiler atau ayam pedaging yang dilakukan di desa Kalikangkung, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal meskipun secara sederhana telah masuk dalam ranah hukum perjanjian, di mana pengikatan dalam bentuk kerjasama bersandarkan pada satu asas yang dinamakan asas kebebasan berkontrak. Berdasar pada perjanjian kemitraan yang terjadi maka permasalahan yang dikaji antara lain : Apakah perjanjian baku dalam perjanjian kemitraan antara PT Surya Sekawan Sejati dengan Petani Peternak tidak bertentangan dengan asas kebebasan berkontrak dan Bagaimana Perlindungan Hukumnya bagi Petani Peternak dalam perjanjian kemitraan dengan PT Sumber Sekawan Sejati dilihat dari ketentuan Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, spesifikasi penelitian deskriptif analisis, teknik pengumpulan data sekunder menggunakan studi pustaka dan data primer menggunakan wawancara. Adapun teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka didapat kesimpulan bahwa perjanjian kemitraan antara PT Surya Sekawan Sejati dengan petani peternak unggas tidak bertentangan dengan asas kebebasan berkontrak dan perjanjian tersebut kurang seimbang serta kurang memberikan perlindungan bagi petani peternak unggas, yakni adanya klausula pengalihan tanggung jawab dari PT Surya Sekawan Sejati dan hal tersebut bertentangan dengan Pasal 18 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Saran yang penulis ajukan antara lain perlu adanya campur tangan dari unsur pemerintah agar ada penjelasan dan kesetaraan diantara kedua belah pihak dan memperhatikan Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57391
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:17 Oct 2017 10:24
Last Modified:17 Oct 2017 10:24

Repository Staff Only: item control page