UPAYA PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PEMBORONGAN ANTARA UD. KANDE JAYA DENGAN CV. PERMATA KONSTRUKSI DI KOTA BENGKULU

SHINTA , WIDYANIATI (2015) UPAYA PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PEMBORONGAN ANTARA UD. KANDE JAYA DENGAN CV. PERMATA KONSTRUKSI DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Hubungan kreditor dan debitor pada perjanjian pemboronganan merupakan hubungan hukum keperdataan yang mempunyai posisi dan kedudukan yang sama yaitu adanya hak dan kewajiban diantara para pihak sesuai peraturan Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dalam pelaksanaan perjanjian adanya suatu peristiwa hukum yang dimungkinkan akan timbulnya akibat hukum, apabila dari pelaksanaannya salah satu pihak yang seharusnya berprestasi tetapi tidak memenuhi prestasi sebagaimana ditentukan dalam perjanjian maka pihak tersebut dianggap lalai atau wanprestasi. Berdasarkan hal tersebutlah, penulis mengkaji dan menganalisis kekuatan hukum akta di bawah tangan sertamengkaji dan menganalisis upaya penyelesaian sengketa wanprestasi dengan memfokuskan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yuridis empirisbersifat deskriptif analitisdengan melakukan wawancaradan penelitian kepustakaan terkait dengan masalah yang diteliti. Pada pelaksanaan perjanjian adanya suatu kesepakatan yang dibuatkan dalam bentuk kontrak baik itu dalam bentuk tertulis atau lisan, apabila ditungkan dalam bentuk tulisan maka dapat berupa akta di bawah tangan atau akta notaril, yang mana pada akta di bawah tangan mempunyai kekuatan pembuktian sepanjang para pihak mengakuinya atau tidak ada penyangkalan dari salah satu pihak karena tidak memiliki bentuk formal melainkan bebas sesuai dengan keinginan para pihak, sedangkan kekurangan dan kelemahan dari akta di bawah tangan yaitu ketiadaan saksi dalam pembuatan akta di bawah tangan yang akan menyulitkan dalam pembuktikannya jika dibawa keranah hukum litigasi, karena kebenaran akta di bawah tangan tersebut harus dibuktikan kebenarannya di muka pengadilan, dan mempunyai keuntungan dari segi waktu, biaya dan hasil berupa win-win solution. Lain hal nya dengan akta notaril karena bentuk dan dibuatkan dihadapan pejabat umum yang berwenang sehingga mempunyai kekuatan yang sempurna.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perjanjian pemborongan, wanprestasi, akta di bawah tangan, penyelesaian sengketa.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57375
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:17 Oct 2017 09:29
Last Modified:17 Oct 2017 09:29

Repository Staff Only: item control page