JAMINAN BANK GARANSI Dalam Rangka Menyusun Tesis S Program Studi Magister PROGRAM STUDI MAGISTER KENOTARIATAN UNIVERSITAS DIPONEGORO GADAI DEPOSITO DALAM PERJANJIAN DI PT. BANK VICTORIA SYARIAH JAKARTA

Errizka , Fitriamadewi Bey (2013) JAMINAN BANK GARANSI Dalam Rangka Menyusun Tesis S Program Studi Magister PROGRAM STUDI MAGISTER KENOTARIATAN UNIVERSITAS DIPONEGORO GADAI DEPOSITO DALAM PERJANJIAN DI PT. BANK VICTORIA SYARIAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI JAMINAN GADAI DEPOSITO DALAM PERJANJIAN BANK GARANSI DI PT BANK VICTORIA SYARIAH JAKARTA Bank Garansi adalah salah satu jasa yang diberikan oleh bank berupa jaminan pembayaran sejumlah uang tertentu yang akan diberikan kepada pihak penerima jaminan, apabila pihak yang dijamin melakukan cidera janji. Perjanjian yang dapat dilayani dengan bank garansi tidak dibatasi hanya pada perjanjian – perjanjian tertentu. Salah satunya adalah perjanjian kerjasama antara Kontraktor dengan Owner. Pihak yang dijamin biasanya adalah nasabah bank yang bersangkutan, sedangkan jaminan diberikan kepada pihak lain yang mengadakan suatu perjanjian dengan nasabah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan bank garansi dengan jaminan gadai deposito di PT. Bank Victoria Syariah Jakarta, bentuk penyelesaian kreditnya apabila Debitur melakukan wanprestasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis empiris yaitu suatu metode pendekatan yang dipergunakan untuk memecahkan objek penelitian dengan meneliti data sekunder terhadap data primer di lapangan tentang pelaksanaan jaminan gadai deposito dalam perjanjian bank garansi di PT Bank Victoria Syariah Jakarta, spesifikasi penelitian dilakukan secara deskriptif analisis. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pemberian bank garansi dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama antara kontraktor dengan owner merupakan jenis bank garansi pelaksanaan, dimana bank garansi diberikan kepada owner sebagai jaminan pelaksanaan dalam suatu pekerjaan pengadaan barang/jasa. Dalam proses tersebut pihak yang dijamin oleh bank wajib memberikan sejumlah jaminan lawan kepada bank sebagai jaminan terhadap resiko yang mungkin timbul dikemudian hari. Deposito merupakan salah satu bentuk jaminan lawan yang dapat dipakai sebagai jaminan pada bank garansi. Deposito dijadikan jaminan bank garansi oleh nasabah, karena alasan praktis dan efisien sehingga memenuhi tuntutan kebutuhan akan kelancaran usaha dalam waktu yang relatif singkat. Proses penyelesaian yang ditempuh oleh bank apabila pihak yang dijamin (Kontraktor) melanggar janji merupakan penyelesaian yang sederhana. Apabila debitur wanprestasi maka bank dapat langsung mencairkan bank garansi, membuka pemblokiran deposito dan selanjutnya bank mengambil pelunasan terhadap bank garansi. Kata kunci : Jaminan, gadai deposito, bank garansi.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Jaminan, gadai deposito, bank garansi
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57285
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:16 Oct 2017 11:27
Last Modified:16 Oct 2017 11:27

Repository Staff Only: item control page