TINJAUAN YURIDIS TERHADAP HAPUSNYA JAMINAN FIDUSIA YANG TIDAK DILAKUKAN ROYA PADA BUKU DAFTAR FIDUSIA (Studi Pada Lembaga Pendaftaran Fidusia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Propinsi Jawa Tengah)

L i s a r i, S.H., S a r i (2014) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP HAPUSNYA JAMINAN FIDUSIA YANG TIDAK DILAKUKAN ROYA PADA BUKU DAFTAR FIDUSIA (Studi Pada Lembaga Pendaftaran Fidusia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Propinsi Jawa Tengah). Masters thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP HAPUSNYA JAMINAN YANG TIDAK DILAKUKAN ROYA PADA BUKU DAFTAR FIDUSIA Pencoretan merupakan instrumen penting dalam sistem penjaminan secara fidusia selain pembebanan dan pendaftaran Jaminan. Berdasarkan Pasal 25 ayat (3) UUF yang mengatakan bahwa hapusnya jaminan fidusia wajib memberitahukan kepada debitor untuk melakukan pencoretan pada Buku Daftar Fidusia agar tidak terjadi masalah di kemudian hari hanya karena belum melakukan pencoretan pada Buku Daftar Fidusia. Apabila tidak dilakukan pencoretan maka secara administrasi nama debitor masih tercatat pada Buku Daftar Fidusia Dalam hal ini Sertifikat Jaminan Fidusia masih berlaku sebagai tanda bukti Jaminan Fidusia pada objek yang didaftarkan selama belum ada laporan dari penerima fidusia, kuasa atau wakilnya terhadap berakhirnya Jaminan Fidusia seperti pasa Pasal 25 UUF. . Berdasarkan hal-hal tersebut maka permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan roya terhadap jaminan fidusia yang telah berakhir di lihat dari sistem manual dan sistem elektronik yg sudah berlaku saat ini dan akibat hukum terhadap hapusnya Jaminan Fidusia yang tidak dilakukan pencoretan/roya Jaminan Fidusia pada Buku Daftar Fidusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksaan roya terhadap Jaminan Jidusia yang telah berakhir dan akibat hukumnya terhadap hapusnya Jaminan Fidusia yang tidak dilakukan pencoretan/roya pada Buku Daftar Fidusia. Penelitian hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan meliputi wawancara dan studi kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen dan sebagainya. Analisis yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, kemudian ditarik kesimpulan secara induktif. Kata Kunci: Jaminan Kredit, Pencoretan Jaminan Fidusia.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Jaminan Kredit, Pencoretan Jaminan Fidusia.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57265
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:16 Oct 2017 08:29
Last Modified:16 Oct 2017 08:29

Repository Staff Only: item control page