TANGGUNG GUGAT ATAS OBJEK LELANG HAK TANGGUNGAN YANG DIKUASAI OLEH PIHAK KETIGA (Studi di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Kupang)

Paulina Rohi , Mone (2015) TANGGUNG GUGAT ATAS OBJEK LELANG HAK TANGGUNGAN YANG DIKUASAI OLEH PIHAK KETIGA (Studi di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Kupang). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
38Kb

Abstract

Dinyatakan dalam Pasal 6 UUHT apabila debitor wanprestasi (cidera janji), maka pemegang hak tanggungan mempunyai hak untuk menjual objek hak tanggungan atas kekuasaaan sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan tersebut. Pelaksanaan lelang eksekusi hak tangggungan berdasarkan ketentuan Pasal 6 UUHT di KPKNL dilseluruh Indonesia dalam praktek berpedoman pada ketentuan UUHT dan salah satu faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya yaitu ketika terlelang tidak bersedia untuk mengosongkan objek jaminan yang telah dilelang dan akibatnya bagi pembeli tidak dapat menguasai objek lelang tersebut secara fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pihak yang bertanggung gugat apabila objek lelang hak tanggungan dikuasai oleh pihak ketiga, mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum terhadap pemenang lelang serta untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme pengosongan objek lelang hak tanggungan. Metode pendekatan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif, yaitu pendekatan dari sudut sumber-sumber data sekunder, dalam hal ini adalah peraturan perundang-undangan dan teori-teori hukum. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptis analitis. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder berupa peraturan perundang- undangan, pendapat para ahli dan praktisi hukum dan dokumen-dokumen lain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang tidak diperoleh secara langsung dari masyarakat melainkan diperoleh dari bahan-bahan pustaka dan penelitian lapangan (field research) untuk mendukung penelitian kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data yaitu secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pihak-pihak yang berperan penting dalam lelang objek hak tanggungan adalah KPKNL selaku Penyelenggara Lelang, Kreditor selaku Penjual/pemohon Lelang dan Pejabat Lelang selaku Pihak yang melaksanakan lelang. Sedangkan Pihak yang bertanggung gugat atas objek lelang hak tanggungan yang dikuasai pihak ketiga adalah Kreditor selaku Penjual/pemohon Lelang yang bertanggung jawab atas gugatan atau tuntutan pidana dari debitor atau pihak ketiga terkait keabsahan kepemilikan barang, keabsahan dokumen persyaratan lelang, penyerahan dokumen lelang dan kepemilikannya kepada pembeli.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:tanggung gugat, lelang hak tanggungan.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57254
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Oct 2017 15:48
Last Modified:13 Oct 2017 15:48

Repository Staff Only: item control page