ANALISIS YURIDIS TENTANG PERCERAIAN BEDA AGAMA PADA KASUS TAMARA BLESZYNKI DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN

OKTOVINA YUDITH DORCE , AYAMISEBA (2015) ANALISIS YURIDIS TENTANG PERCERAIAN BEDA AGAMA PADA KASUS TAMARA BLESZYNKI DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Perkawinan beda agama tidak di atur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Realitanya terdapat sebagaian masyarakat melakukan perkawinan beda agama. Salah satu cara yang ditempuh oleh pasangan beda agama yaitu melangsungkan perkawinan di luar negeri. Kembali ke Indonesia perkawinan tersebut di laporkan dan di catatkan di Kantor Catatan Sipil. Sebagaimana kasus Tamara Bleszynki dan Michael Luis, perkawin mereka berakhir dengan perceraian. Dua permasalahan dalam kajian ini yaitu tentang perkawinan beda agama dalam perspektif Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, penyelesaian dan akibat hukumnya pada perceraian beda agama di pengadilan dalam kasus Tamara Bleszynki dari perspektif Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Penelitian ini berbentuk analisa putusan. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif dan bersifat deskriptif analistis yaitu memaparkan atau menggambarkan peraturan hukum yang berlaku dikaitkan dengan teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian diketahui bahwa menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan bahwa perkawinan beda agama yang dilangsungkan di luar negeri yang di laporkan dan dicatatkan di Kantor Catatan Sipil bukan merupakan sah perkawinan menurut hukum perkawinan Indonesia. Pelaporan dan pencatatan merupakan pemenuhan kewajiban administasi dan memberikan status dalam kehidupan masyarakat. Penyelesaiaan perceraian beda agama pada kasus Tamara diselesaikan seperti perceraian pada umumnya. Hal tersebut karena perkawinan mereka telah dilaporkan dan dicatatkan di Kantor Catatan Sipil sehingga menunjukan bahwa mereka berdua tunduk pada hukum di Indonesia khusus berkenaan dengan perkawinan. Dengan demikian hak asuh anak diberikan kepada Tamara sebagai ibu.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57248
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:13 Oct 2017 15:22
Last Modified:13 Oct 2017 15:22

Repository Staff Only: item control page