EKSISTENSI PEMAKAMAN KELUARGA DI PEKARANGAN RUMAH SETELAH BERLAKUNYA PERATURAN DAERAH KOTA KUPANG NOMOR 4 TAHUN 2003 TENTANG TEMPAT PEMAKAMAN UMUM DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

NI MADE DEWI , PUSPA ARYANI (2015) EKSISTENSI PEMAKAMAN KELUARGA DI PEKARANGAN RUMAH SETELAH BERLAKUNYA PERATURAN DAERAH KOTA KUPANG NOMOR 4 TAHUN 2003 TENTANG TEMPAT PEMAKAMAN UMUM DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Tanah memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia selama hidup maupun setelah meninggal. Karena tanah tempat manusia melaksanakan segala aktifitasnya untuk menunjang kelangsungan hidup manusia dan juga setelah manusia mati tanah sangat dibutuhkan untuk tempat manusia di kebumikan. Pemerintah Kota Kupang telah mengeluarkan Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 4 Tahun 2003, tentang Tempat Pemakaman Umum, terletak dalam Pasal 6 ayat (1) yang berbunyi, bahwa :“Setiap warga masyarakat yang hendak menguburkan jenazah diwajibkan untuk menguburkan jenazah pada Tempat Pemakaman Umum yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota.” Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah mengapa masyarakat Kota Kupang memakamkan keluarga mereka dipekarangan rumah? Dan mengapa keberadaan Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 4 Tahun 2003 tidak di taati oleh masyarakat Kota Kupang? Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris (sosio-legal approach). Dengan spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif analitis, populasi dan teknik sampel menggunakan purposife sampling, yang nantinya dalam tehnik pengumpulan datanya menggunakan data primer dari Tanya jawab oleh responden serta data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Kemudian dianalisa secara kualitatif sehingga menghasilkan data yang deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak warga masyarakat Kota Kupang melakukan penguburan di sekitar pekarangan rumah, walaupun sudah di keluarkan Peraturan Daerah kota kupang nomor 4 Tahun 2003 tentang Tempat Pemakaman Umum, karena masyarakat kota Kupang masih percaya bahwa anggota keluarga yang dimakamkan di pekarangan rumah arwah atau rohnya masih ada di sekitar mereka dan masih tinggal bersama-sama dengan mereka (keluarga yang masih hidup). Saran dari penelitian ini adalah kepada Pemerintah Kota Kupang diharapkan dapat menciptakan peraturan daerah tentang tempat pemakaman umum yang lebih maksimal lagi sehingga peraturan tersebut dapat dijalankan secara tegas.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pemakaman, Keluarga, Pekarangan Rumah
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57239
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:13 Oct 2017 14:54
Last Modified:13 Oct 2017 14:54

Repository Staff Only: item control page